Separuh Anggaran PU Untuk Bangun Jalan

Pembangunan Fly Over Untuk Atasi Kemacetan
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews- Separuh dari anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dalam RAPBN 2013 akan digunakan untuk pembangunan dan perbaikan jalan. Dalam RAPBN 2013, Kementerian PU mendapat kucuran dana RpRp69,14 triliun.

Menteri PU Djoko Kirmanto menjelaskan selain untuk jalan, sisa anggaran sebesar 25 persennya akan digunakan untuk proyek air minum, sanitasi, dan program sumber daya air lainnya. Sisanya akan digunakan untuk ketahanan pangan, irigasi, pengendalian banjir dan lain sebagainya.

"Dari Rp69 triliun itu, kita akan gunakan 50 persennya untuk jalan," ujarnya ketika dalam acara Indonesia International Infrastructure 2012 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Selasa 28 Agustus 2012.

Dalam nota keuangan RAPBN 2013, salah satu anggaran akan ditunakan untuk disebutkan pembangunan jalan tol tahun depan sepanjang 19 km dan panjang jalan yang mendapat preservasi sepanjang 34.368 km. Selain itu juga akan dibangun jembatan sepanjang 226.550 meter.

Sementara terkait penyerapan anggaran tahun ini, Djoko mengakui kementeriannya tidak berjalan baik, terutama minggu belakangan ini. Penyerapan anggaran tersendah karena dalam dua minggu belakangan ini semua proyek pembangunan infrastruktur dihentikan karena bertepatan dengan arus mudik.

“Namun proyek lain seperti air minum tetap berjalan, kalaupun ada yang dihentikan sementara itu karena lokasinya dekat dengan arus mudik dan bila dikerjakan bisa mengganggu jalan,” paparnya.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024