RI Berguru Ekonomi Kreatif ke Belanda

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Pangestu, selama tiga hari gencar mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif ke Belanda. Negeri Kincir Angin tersebut disasar, karena pemerintah Belanda mantap menjadikan industri kreatif sebagai salah satu dari sembilan sektor unggulan.

"Program pelatihan, kerja sama pengembangan kapasitas sumber daya manusia dan kebijakan industri kreatif seperti pemberian insentif serta keringanan pajak menjadi topik pembahasan dengan Maxime Verhagen," kata Mari Pangestu dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Sabtu 1 September 2012.

Dalam kunjungan kerja ke Belanda pada 30 Agustus-1 September 2012, selain menghadiri National Day di World Horticultural Floriade di Venlo, Mari Pangestu menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Pertanian dan Inovasi Belanda, Maxime Verhagen.

Mari menjelaskan, hasil pertemuan dengan Maxime Verhagen itu akan menjadi masukan berharga bagi Indonesia untuk menyusun strategi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif hingga beberapa tahun ke depan. Meski demikian, tidak dijelaskan hasil konkret dari pertemuan dua menteri ekonomi kedua negara tersebut.

Sementara itu, terkait partisipasi Indonesia tahun ini di Floriade untuk ketiga kalinya, Mari Pangestu mengungkapkan bahwa respons dari pengunjung sangat positif. Dalam sehari, Paviliun Indonesia dikunjungi 5-8 ribu orang.

“Dari perkiraan dua juta pengunjung Floriade, diperkirakan 40 persennya mengunjungi Paviliun Indonesia," ujar dia.

Angka pengunjung itu, dia menambahkan, cukup menggembirakan mengingat Floriade yang diselenggarakan setiap 10 tahun adalah ajang promosi untuk hortikultura dan daya tarik pariwisata Indonesia.

Pada Floriade kali ini, Paviliun Indonesia memamerkan keunikan rumah adat dari berbagai daerah, di antaranya Toraja, Betawi, dan Jawa (Rumah Joglo). Selain itu, dipamerkan produk seni budaya hasil kreativitas anak bangsa dan daya tarik wisata dari berbagai daerah. 

"Dari beberapa kementerian, instansi pemerintah, BUMN seperti Pertamina, asosiasi, dan pihak swasta yang ikut berpartisipasi di Floriade, telah menghasilkan berbagai kerja sama maupun potensi bisnis yang akan dikembangkan," jelasnya.

Seperti diketahui, tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 8 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Dalam tiga tahun ke depan, target akan makin digenjot hingga 10 juta orang.

Pamer Foto USG di Depan Ka'bah, Kaesang Umumkan Erina Gudono Hamil
Renjana Cita Srikandi

Maudy Ayunda hingga Marion Jola Siap Meriahkan Renjana Cita Srikandi

Sejumlah tokoh dan selebriti ternama akan mengisi acara Pertamina Renjana Cita Srikandi, seperti Putri Tanjung, Frederika Alexis Cull, Reisa Broto Asmoro, Maudy Ayunda.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024