Evakuasi Berlanjut, Tol Cipularang Sudah Bisa Dilalui

Longsor Cipularang
Sumber :
  • ANTARA/Fathan Okta

VIVAnews – Jasa Marga menyatakan Tol Cipularang sudah bisa dilintasi kendaraan dari arah Jakarta ke Bandung dan sebaliknya, meskipun proses pembersihan material longsor belum selesai.

“Sisa tanah longsor masih ada, evakuasi belum beres, namun tol sudah bisa dilalui satu jalur di km 102-99 arah Jakarta,” kata petugas Jasa Marga, Dimas, kepada VIVAnews, Rabu 13 Februari 2013.

Pesona Cahaya Rembulan Terpancar dalam Koleksi Abaya Indonesia di Dubai

Mulai km 102-99 itu diberlakukan contra flow (lawan arus) di lajur dua. Contra flow diberlakukan untuk kendaraan kecil dan bus, sedangkan kendaraan besar seperti truk diminta untuk keluar di gerbang tol Cikamuning dan gerbang tol Padalarang Timur. Tanah longsor yang menutup sebagian jalur ke arah Jakarta ini terletak di Desa Darangdan.

Situasi lalu lintas di ruas Cileunyi-Padalarang dan Dawuan-Padalarang-Pasteur-Cileunyi pagi ini tampak lancar. Kepadatan kendaraan hanya terjadi di jalur contra flow km 99-102. “Petugas terus melakukan evakuasi di lapangan,” kata Dimas.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan tol Cipularang sepanjang km 80-100 memang rawan longsor. “Kondisi batuan labil. Batu-batu labil ini di terdapat sekitar km 84 di Kampung Ciganea, Jatiluhur. Kontur tanah juga labil sehingga tebing rawan longsor,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Puro Nugroho.

Ini bukan kali pertama longsor terjadi di tol Cipularang. Sebelumnya, longsor juga pernah terjadi di km 84, 92, 96, dan 98. Curah hujan yang tinggi menyebabkan potensi longsor kian besar. Oleh sebab itu BNPB mengimbau pengguna tol Cipularang agar selalu berhati-hati selama musim hujan.

Proses evakuasi kecelakaan bus SMK Lingga Kencana Depok di Ciater, Subang

Bus Putera Fajar Terguling di Ciater saat Bawa Rombongan SMK Depok, Organda Tegaskan Ini

Bus pariwisata Putera Fajar mengalami kecelakaan saat mengangkut rombongan SMK Lingga Kencana, Depok, perpisahan ke Bandung. Organda buka suara.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024