Demi Rieke, Jokowi Batal Bantu Kampanye Cagub Sumut

Jokowi Jurkam Rieke-Teten
Sumber :
  • ANTARA/Agus Bebeng
VIVAnews
BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya
– Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, batal terbang ke Medan, Minggu 17 Februari 2013. Pada hari itu Jokowi masih berkampanye untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Jokowi sebelumnya dijadwalkan berada di Medan siang ini untuk menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun PDIP di Lapangan Reformasi Percut Sei Tuan dan Lapangan Alun-Alun Stabat Kabupaten Langkat, sekaligus untuk membantu persiapan kampanye pasangan calon gubernur-wakil gubernur Sumut yang diusung PDIP, Effendi Simbolon dan Jumiran Abdi.
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara


Untuk diketahui, tahapan kampanye Pilkada Sumatera Utara akan dimulai esok Senin, 18 Februari 2013. Namun Jokowi terpaksa batal ke Medan karena di hari yang sama kader PDIP itu juga harus membantu rekan separtainya, Rieke, berkampanye untuk memenangkan pertarungan Pilkada Jawa Barat.


“Kedatangan Mas Jokowi ke Sumatera Utara ditunda. Akhirnya direncanakan pekan depan. Jadi bukan batal sama sekali,” kata Wakil Ketua PDIP Sumatera Utara Bidang Kominfo, Eddi Rangkuti.


Rano Karno Turun


Selain Jokowi, kampanye Rieke-Teten juga dibantu oleh Wakil Gubernur Banten Rano Karno. Hadirnya dua kepala daerah sebagai juru kampanye Rieke-Teten ini sempat disorot Kementerian Dalam Negeri.


Kemendagri khawatir Jokowi dan Rano Karno melanggar aturan cuti pejabat untuk menjadi jurkam. Namun kekahwatiran itu ditepis oleh politisi PDIP Arif Budimanta. “Kampanye yang dilakukan Jokowi dan Rano untuk mendukung Rieke dilakukan pada hari libur,” kata dia.


Rieke dan Teten, ujar Arif, memang berbeda dengan pasangan cagub-cawagub Jabar lain yang bisa beriklan secara masif melalui televisi. “Mereka tidak punya dana banyak untuk beriklan. Untuk itulah Jokowi dan Rano hadir membantu mereka menuju Jabar Baru dan Bersih,” kata Arif. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya