Berapa Nilai Pasar Saham Hasil Merger SCTV-Indosiar?

Kevin Vierra di Malam Penghargaan SCTV Awards 2011
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) dan PT Indosiar Karya Media Tbk (IDKM) akan menggabungkan usaha atau merger. Melalui aksi korporasi itu, Indosiar akan melebur ke dalam Surya Citra Media.

Saham Indosiar nantinya akan dihapuskan pencatatannya (delisting) dari PT Bursa Efek Indonesia setelah merger terlaksana. Saham Indosiar dengan kode perdagangan IDKM akan ditransaksikan terakhir kalinya pada 24 April 2013.

Berdasarkan prospektus merger yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia, pada 21 Februari 2013, rencana merger akan efektif pada 1 Mei 2013. Sementara itu, perkiraan tanggal perdagangan saham perusahaan di bursa hasil penggabungan dan tanggal delisting saham IDKM adalah 6 Mei 2013.

Lantas, berapa sebenarnya nilai pasar wajar saham Surya Citra Media dan Indosiar Karya Media itu?

Berdasarkan penilaian Kantor Jasa Penilai Publik, Stefanus Tonny Hardi dan Rekan, yang ditunjuk Surya Citra media, yang disampaikan kepada BEI pada 25 Februari 2013, nilai pasar wajar untuk 9,75 miliar saham perusahaan media itu adalah Rp21,17 triliun. Nilai tersebut setara Rp2.171 per saham dalam kondisi perusahaan berjalan berkesinambungan per 31 Desember 2012.

Hasil penilaian itu, menurut KJPP Stefanus Tonny Hardi dan Rekan, berdasarkan informasi dari perusahaan, termasuk wawancara dengan pejabat kunci. Selain itu, KJPP mengacu pada laporan keuangan perseroan dan data lainnya.

Nilai pasar wajar untuk 9,75 miliar saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh itu setara kepemilikan sebesar 100 persen, atas dasar perhitungan nilai pasar wajar aset bersih.

Sementara itu, untuk saham Indosiar, berdasarkan penilaian KJPP Nirboyo A, Dewi A, dan Rekan yang ditunjuk perseroan, nilai pasar wajar ekuitas atau 100 persen saham perseroan sebesar Rp10,57 triliun. Nilai pasar wajar saham Indosiar Karya Media itu setara Rp1.044 per saham.

Hasil penilaian nilai pasar wajar saham Indosiar itu juga per 31 Desember 2012, dengan jumlah saham mencapai 10,12 miliar unit.

PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional

Nilai pasar wajar saham perseroan itu dihitung berdasarkan rekonsiliasi dengan bobot rata-rata tertimbang yaitu 50 persen dari Discounted Cash Flow Method, dan 50 persen dari Guideline Publicly Traded Company Method dengan pertimbangan bahwa prosedur penilaian dari kedua metode tersebut dapat diterapkan dengan konsisten dan lengkap.

Jika kedua nilai pasar wajar saham Surya Citra Media dan Indosiar Karya Media digabungkan, total nilai pasar wajar perusahaan hasil merger akan mencapai sekitar Rp31,74 triliun.

Andrew Andika dan istri.

Diduga Selingkuh Andrew Andika Sempat Janji Gak Ulangi, Istri: Baru 2 Hari Kamu Berulah Lagi!

Media sosial tiba-tiba dihebohkan dengan kabar dugaan perselingkuhan yang dilakukan oleh Andrew Andika. Informasi itu disampaikan langsung oleh istri dari Andrew Andika.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024