Wayne Rooney Pernah Diminta Perkuat Timnas Skotlandia

Striker timnas Inggris, Wayne Rooney
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh
VIVAbola
Saat Laga Testimoni, Rumah Rooney Disatroni Maling
- Wayne Rooney kini menjelma menjadi pemain andalan di lini depan timnas Inggris. Namun, sebelum membela The Three Lions, striker Manchester United ini rupanya sempat diminta untuk membela Skotlandia.

Rooney Akan Bertahan Lama bersama MU

Hal tersebut terjadi saat Skotlandia dilatih oleh Berti Vogts. Vogts yang menukangi Skotlandia pada 2002 hingga 2004 sadar Rooney punya darah Skotlandia dari neneknya. Pria berkebangsaan Jerman ini membujuk Rooney untuk membela Skotlandia.
Mourinho, Manajer yang Memperhatikan Kebersihan Gigi Pemain


"Saya berkata pada Rooney, neneknya orang Skotlandia. Asosiasi Sepakbola Skotlandia telah menemui nenek dia dan saya memanggilnya. Saya terbang dari Glasgow ke Everton. Dia bermain di bawah kepelatihan David Moyes di Everton. Saya bilang padanya, 'kamu bisa bermain untuk Skotlandia'," kata Vogts bercerita seperti dilansir ESPN.


Rooney ternyata menolak ajakan Vogts. Rooney yang masih berusia 16 tahun merasa sebagai orang Inggris, bukan Skotlandia.


"Rooney bilang pada saya, 'Saya orang Inggris. Saya mohon maaf bos, saya orang Inggris'," ungkap Vogts menirukan jawaban Rooney.


Pilihan Rooney rupanya tidak salah. Dia melakoni debut bersama The Three Lions pada 12 Februari 2003, saat masih berusia 17 tahun. Total, Rooney telah tampil 84 kali bersama timnas Inggris dan mencetak 36 gol.


Masalah kewarganegaraan juga menjadi topik hangat bagi winger MU, Adnan Januzaj. Pemain 18 tahun ini diperebutkan berbagai negara dari mulai Belgia, Serbia, Albania, Turki, dan Inggris. Negara terakhir bisa memanggil Januzaj sesuai dengan lokasi tempat tinggal.


Terkait hal ini, Vogts yang kini melatih Azerbaijan tak melihatnya sebagai masalah berarti. "Itu aturan FIFA. Kita harus menerimanya. Ini bukan hanya di Inggris Raya, namun juga di sini, di Azerbaijan," ungkap Vogts. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya