Ini 'Dosa' Pasek Sehingga Dipecat Demokrat

Ketua Fraksi Demokrat Nurhayati Ali Assegaf.
Ketua Fraksi Demokrat Nurhayati Ali Assegaf.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Legislator Gede Pasek Suardika di-recall dari DPR dan dipecat dari keanggotaan Partai Demokrat. Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Assegaf mengungkapkan, keputusan itu berasal dari dewan pimpinan pusat.

Nurhayati mengaku sudah menerima surat dari DPP Partai Demokrat sejak pemecatan Gede Pasek diproses. Di dalam surat itu, kata dia, DPP Partai Demokrat menyebutkan bahwa Gede Pasek sudah melanggar Pakta Integritas dan kode etik.

"Kalau kadernya atau anggota fraksi dianggap menyimpang atau melanggar kode etik, tentu DPP bisa mengeluarkan haknya. Karena partai harus bisa menegakkan proses demokrasi," jelas Nurhayati di Gedung DPR, Jumat 17 Januari 2014.

Dia menuturkan, fraksi tinggal menjalankan keputusan DPP Partai Demokrat tersebut. Namun, dia minta hal ini tidak dibesarkan karena kejadian seperti ini bukan kali pertama.

Saat ditanya apakah Gede Pasek dipecat karena menjadi Sekjen Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI)? "Tidak ada yang mengatakan masuk PPI melanggar Pakta Integritas. Tapi, kami tahu dan sayangkan," jawab Nurhayati. Selama ini, Nurhayati menilai, pendapat Pasek bertabrakan dengan Partai Demokrat dan kader lainnya.

Pasek sendiri diketahui namanya masih tercantum dalam Rapat Internal Demokrat yang digelar hari ini. Bahkan Pasek pun terlihat hadir di dalam rapat tersebut. "Masih ada (di absen). Itu kan proses," ujar Nurhayati. (umi)