Kiper AS Pecahkan Rekor Penyelamatan di Piala Dunia

Kiper timnas Amerika Serikat, Tim Howard
Sumber :
  • REUTERS

VIVAbola – Kiper Timnas Amerika Serikat (AS), Tim Howard, membuat 15 penyelamatan selama pertandingan 16 besar Piala Dunia 2014 kontra Belgia di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil. Jumlah penyelamatan yang dilakukan Howard merupakan rekor terbaru di ajang Piala Dunia.  

Penampilan gemilang Howard di bawah mistar gawang The Yanks turut andil memaksa Belgia bermain hingga babak perpanjangan waktu. Dalam pertandingan yang digelar di Arena Fonte Nova, AS akhirnya harus kalah 1-2 oleh Belgia dan seluruh gol tercipta di babak perpanjangan waktu.

Gol pemecah kebuntuan Belgia diciptakan oleh Kevin de Bruyne pada menit ke-93, ditambah gol dari Romelu Lukaku pada menit ke-105. Tim asuhan Juergen Klinsmann memperkecil kedudukan menjadi 1-2 melalui Julian Green pada menit ke-107.

Sebelum memasuki perpanjangan waktu, para pemain Belgia nyaris dibuat frustrasi oleh performa kiper Everton tersebut. Peluang-peluang yang didapat Divock Origi, Dries Mertens, dan Kevin de Bruyne dimentahkan oleh Howard.

Menurut data Opta, jumlah penyelamatan Howard menjadi yang tertinggi dalam pertandingan tunggal di ajang Piala Dunia sejak 1966. Piala Dunia 1966 merupakan turnamen pertama yang memiliki data berdasarkan Opta.    

Sementara itu, kesuksesan Belgia memastikan tempat di babak 8 besar Piala Dunia 2014 juga merupakan catatan tersendiri. Belgia untuk pertama kalinya lolos ke perempatfinal Piala Dunia, sejak turnamen empat tahunan ini menggunakan format modern pada 1998. (one)

Babak I: Portugal 2 Kali Bobol Gawang Belgia

Lihat berita menarik lainnya, klik di sini

Megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo rayakan gol

Ronaldo Sumbang Gol, Portugal Taklukkan Belgia

Gol balasan Belgia berawal dari umpan kakak-beradik.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2016