Dari Rokok, Mereka Jadi Orang Terkaya Indonesia

Pemilik grup usaha Djarum dan BCA, R. Budi hartono.
Pemilik grup usaha Djarum dan BCA, R. Budi hartono.
Sumber :
  • Forbes

VIVAnews - Meski industri rokok dikatakan sudah senjakala (sunset), nyatanya justru pemilik bisnis ini yang bertengger di papan atas 50 Orang Terkaya versi Majalah Forbes.

Susilo Wonowijoyo, pemilik Gudang Garam, tahun lalu memang terlempar dari tiga teratas dalam miliarder. Tetapi, ia berhasil "memperbaiki" posisinya pada daftar orang terkaya Indonesia versi majalah bisnis tersebut.

Merosotnya kinerja perusahaan, membuat Susilo kehilangan harta. Penjualan Gudang Garam hanya mencapai US$5 miliar. Ditambah lagi, tingginya harga cengkeh tahun lalu. Biaya produksi Gudang Garam turut terkerek.

Tragisnya lagi, ada sedikit kesalahan pada keputusan bisnis. Maksud hati ingin menyegarkan merek (brand rejuvenation), malah berbalik pahit. Produknya kurang laku dan memicu turunnya harga saham.

Harta penerus keluarga Gudang Garam itu pun harus kehilangan US$2 miliar hartanya. Kekayaannya hanya tersisa US$5,3 miliar.

Namun, setahun belakangan ini, Susilo mengalami comeback. Kekayaannya melonjak US$2,7 miliar dan mengantarnya ke posisi dua orang terkaya di Indonesia, setelah kakak-adik Robert Budi Hartono dan Michael Hartono, Group Djarum.

Keluarga Hartono, menurut taksiran Forbes, punya harta US$16,5 miliar. Bertenggernya Group Djarum di posisi teratas, tampaknya tak lepas dari strategi bisnis mereka.

Djarum telah mendiversifikasi bisnisnya. Dari rokok melebar ke perbankan, properti, agribisnis, elektronik, hingga teknologi digital.

Belakangan, generasi ketiga Djarum, yakni Martin B. Hartono menikah dengan Grace L. Katuari (Wings Group). Ke depan, pundi-pundi keluarga ini bakal makin besar.

Pengusaha terkaya ketiga adalah Anthony Salim. Harta keluarga pemilik Indofood itu ditaksir US$5,9 miliar. Posisi Anthony Salim dibuntuti Eka Tjipta Widjaja dan keluarga, di posisi empat, dengan aset kekayaan US$5,8 miliar.

Di urutan kelima ada pengusaha oleochemical, Sri Prakash Lohia dengan total aset US$4,4 miliar.

Ketiga taipan itu berhasil menggeser Chairul Tanjung dari posisi tiga tahun lalu. Bos Trans Corpora itu, tahun ini, harus puas di urutan enam dengan kekayaan US$4,3 miliar.

Berikut daftar 10 orang terkaya Indonesia 2014:

Nama                                            Aset Kekayaan

1. Robert Budi & Michael Hartono          US$16,5 miliar

2. Susilo Wonowidjojo                          US$8 miliar

3. Anthoni Salim                                   US$5,9 miliar

4. Eka Tjipta                                         US$5,8 miliar

5. Sri Prakash Lohia                              US$4,4 miliar

6. Chairul Tanjung                                 US$4,3 miliar

7. Boenjamin Setiawan                          US$3,5 miliar

8. Mochtar Riady                                   US$2,7 miliar

9. Peter Sondakh                                  US$2,3 miliar

10. Sukanto Tanoto                              US$2,1 miliar


Baca juga:

Ini 10 Orang Terkaya di Dunia 2014