Perangkat Dapur Canggih untuk Memasak (I)

Perangkat pintar dapur
Sumber :
  • www.techcrunch.com

VIVA.co.id - Internet of Things (IoT) bukan lagi mendominasi di ruang keluarga sebuah rumah saja. Perangkat yang mampu saling terhubung dengan internet itu, kini telah masuk ke ruang masak alias dapur.

Beberapa aplikasi, sekaligus perangkat dapur yang bisa saling 'berbicara', dengan terhubung data internet. Menjadikan pengalaman memasak di rumah kian berbeda.

Melansit TechCrunch, Rabu 21 Januari 2015, terdapat beberapa perangkat yang bisa menjalanlan Internet of Things (IoT).

1. Pemanggang pintar

Kini mesin pemanggang sudah mengadaptasi teknologi internet. Seperti pemanggang pintar yang bernama Palace Home Smart Grill, memudahkan pengguna memasak beragam makanan, cukup dikendalikan melalui sebuah aplikasi iPad.

Kata Box Sulap TV Jadi Makin Pintar

Perangkat pintar dapur

2. Panci penggorengan pintar

Alat memasak Pantelligent Smart Frying Pan ini memungkinkan pengguna memeriksa temperatur pada bahan makanan yang digoreng dalam panci.

Jadi, pengguna tak perlu lagi memeriksa, misalnya daging dengan garpu, untuk menentukan daging tersebut sudah benar-benar matang, atau belum. Untuk memonitor panci penggorengan ini, pengguna tinggal memakai aplikasi Panteligent di iPhone.

Perangkat pintar dapur

3. Penakar pintar

Charger Ini Bisa Isi Daya Empat Perangkat Sekaligus

Perangkat mini dengan nama Drop Connected Kitchen Scale ini, tentu membantu saat pengguna menakar kadar bumbu yang akan maupun yang sudah dihaluskan. Kadang takaran yang tak pas bisa memengaruhi rasa masakan.

Nah, Drop Connected Kitchen Scale menjadi solusi. Pengguna tinggal menempatkan wadah di atas perangkat mini ini, kemudian pengguna menghubungkan dengan aplikasi. Dan, nantinya dalam layar perangkat mobile akan memberikan arahan takaran yang pas untuk membuat masakan.

Jika memang takaran kurang, aplikasi akan memerintahkan pengguna untuk menambahkan. Asyik bukan.

Perangkat pintar dapur

4. Mesin pencampur pintar

Ini Peta Koneksi Internet Seluruh Dunia dan Indonesia

Alat pencampur (blender) pasti tidak jauh dari ruang dapur. Sebab, itu dibutuhkan untuk melembutkan serta mengolah bahan makanan.

Nah, mesin blender LivBlends Smoothie Maker diklaim bisa mencampur bahan makanan hanya dalam 30 detik saja. Menariknya, mesin pintar ini diklaim bisa membersihkan diri secara mandiri. Jadi, pengguna tak perlu repot.

Mesin blender ini juga secara pintar dikatakan bisa mengolah berbagai sayuran, biji-bijian sampai kacang-kacangan. Mesin ini masih dalam tahap purwarupa, namun sudah bisa memesan. Bersambung... (asp)

Perangkat pintar dapur

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya