Menyambangi Menara Eiffel Ala China

Eiffel Tower Made in China
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - China memang sangat handal dalam menciptakan suatu hal yang sedang populer di dunia. Tidak hanya terkenal dengan produksi smartphone-nya, negara yang terkenal dengan super sibuk ini membuat suatu karya yang tidak biasa.

Optimalkan Klinik Ekspor Bea Cukai, Perusahaan Pupuk Ini Lepas Ekspor Perdana ke Timor Leste

Baru-baru ini, China mempunyai menara yang bentuknya mirip dengan Menara Eiffel yang ada di Paris, seperti dilansir laman Happytrips.

China mempunyai rencana ingin menguasai wisata dunia dengan memulai pembangunan replikanya terlebih dahulu. Salah satunya membangun kota Tianducheng yang ada di Shanghai. Sedangkan menara Eiffel replika ini berada di Provinsi Zhejiang, atau sekitar 6.000 mil dari pusat kota.

Menara Eiffel tiruan ini dibuat hampir mirip aslinya dan mempunyai ketinggian sekitar 108 meter. Terdapat juga sungai Seine yang dibuat sama persis, dengan panjang sekitar 324 meter.

Menara ini didirikan perusahaan Zhejiang Guangsha, yang tujuannya untuk menikmati budaya Eropa di daratan Tiongkok. Ada banyak bangunan yang telah dibangun, seperti Menara Eiffel, Arc de Triomphe, dan monumen bersejarah lainnya. Proyek pembangunan ini sudah di mulai sejak 2007.

Saat ini, para pengembang telah menyediakan 10 ribu tempat tinggal yang nyaman bagi penghuni setempat. Namun, saat ini, baru terisi sekitar 2.000 warga, setelah enam bulan lebih dibuka kepada publik. Kebanyakan penghuni tempat ini, berprofesi sebagai petani dan sebagian lahan yang tidak terpakai dipakai untuk bercocok tanam.

Kota ini, menurut orang-orang bagaikan kota hantu, karena suasananya yang sangat sepi. Hal ini terjadi, karena pembangunan di China yang tidak sesuai dengan harapan, di mana banyak proyek yang terbengkalai dan tidak fokus dalam menjalankannya, sehingga menyebabkan sepinya peminat. (asp)



Baca juga:

Menkes Bantah Kelas BPJS Kesehatan Dihapus, Begini Penjelasannya

Zlatan Ibrahimovic saat masih berkostum Paris Saint-Germain.

Menara Eiffel Tanggapi Kesombongan Ibrahimovic

Ibra ingin mengganti menara Eiffel dengan patungnya.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016