Kisah Tragis Mantan Pianis dari Inggris

Naysmith
Sumber :
  • chiswickw4.com

VIVA.co.id - Kisah tragis ini datang dari Inggris. Seorang mantan pianis konser, Anne Naysmith, harus menjalani hidup memilukan.

Selama bertahun-tahun, ia tinggal di dalam mobil tua yang sudah berkarat. Mobil itu diparkir di jalanan London sebelah barat.

Naysmith sebelumnya merupakan seorang pianis dengan masa depan menjanjikan. Ia bahkan tercatat pernah bermain di Wigmore Hall dan mengikuti pelatihan di Royal Academy of Music.

Namun, kehidupannya berubah 180 derajat pada 1970. Ketika itu, Naysmith mengalami masalah keuangan. Tak hanya itu, ia juga disebut-sebut terpuruk karena masalah cinta.

Mirisnya, ia terpaksa diusir dari kediamannya di Prebend Gardens, Chiswick. Naysmith kemudian memutuskan untuk tinggal di mobil Ford Consul miliknya yang diparkir di luar flat.

Selama 26 tahun, ia menjadi gelandangan dan hidup di mobil Ford Consul. Kondisi mobil sangat memprihatikan. Selain karat, mobil itu juga dipenuhi barang-barang bekas.

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe
Naysmith


Penderitaan Naysmith tak berhenti sampai situ. Pada 2002, mobil miliknya diderek setelah muncul protes dari para penghuni baru rumah mewah di lingkungan tersebut.

Selama 13 tahun, Naysmith hidup nomaden. Ia hidup di gang belakang sebuah restoran Italia, ruang boiler di Charing Cross Hospital, hingga taman kecil yang ia buat sendiri di belakang parkir stasiun Stamford Brook Tube.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Setiap pagi ia mandi di Charing Cross Hospital. Kemudian, ia mencuci pakaiannya di pom bensin lokal dan membungkusnya dengan koran agar kering.

Untuk hidup, ia mengandalkan uang 10 poundsterling, dan mengais makanan.  Biasanya ia mengais makanan sisa dari kafe, seperti kaldu dan sayuran. Kemudian, Naysmith merebus makanan itu dengan api unggun di taman kecilnya.

Meski demikian, Naysmith enggan menerima sumbangan. Ia menolak menerima sepatu, mantel, dan selimut. Naysmith hanya menerima barang bekas.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
Naysmith


Namun, sebuah kejadian nahas merenggut nyawa Naysmith pada Selasa, 10 Februari 2015 waktu setempat. Ia ditabrak oleh sebuah truk di sebuah jalanan yang sepi di Chiswick, London Barat. 

Wanita yang dikenal penduduk lokal sebagai "car lady" ini mengembuskan napas terakhirnya di usia sekitar 70-an tahun. Penduduk lokal pun berduka ketika mengetahui Naysmith telah meninggal dunia. Bahkan, Royal Academy Music menulis ucapan duka cita di akun Twitter mereka.

"Sad news: #piano #alum Anne Naysmith – former concert artist, cherished Chiswick character – died last night," tulis Royal Academy Music.


Menurut laman
The Guardian
, para penduduk lokal menawarkan sumbangan untuk membiayai pemakaman Naysmith dan berjanji merawat taman yang dibuat olah sang mantan pianis.


Salah seorang anggota dewan Chiswick, John Todd, mengatakan bahwa Naysmith adalah sosok yang sopan. Naysmith, kata Todd, juga menolak semua tawaran bantuan, termasuk rumah.


"Kenapa dia memilih mengadopsi gaya hidup keras, tidak jelas. Dia tidak pernah mencari segala bentuk bantuan," kata Todd. (art)

Sumber: The Guardian, Daily Mail

Baca juga:





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya