Windows 10 Dukung Fitur Keamanan Biometrik

Microsoft.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Microsoft mengumumkan terobosan dalam fitur keamanan. Perusahaan asal Amerika Serikat itu mengatakan telah memperkenalkan fitur kode akses berbasis biometrik pada Windows 10.

Dengan fitur keamanan canggih itu, pengguna Microsoft bisa mengakses email Outlook menggunakan sidik jari atau pemindaian mata.

Melansir The Verge, Selasa 17 Februari 2015, pengumuman itu disampaikan dalam forum The Stanford Cybersecurity Summit belum lama ini.

"Ini merupakan salah satu prioritas utama Microsoft bagi kita," ujar Dustin Ingalls, Group Program Manager Microsoft dalam pengumumannya di blog perusahaan.

Adopsi fitur biometerik itu dilakukan setelah Microsoft turut bergabung dalam aliansi Fast Identification Online (Fido).

6 Bulan, Windows 10 Sudah Aktif pada 200 Juta Perangkat

Aliansi keamanan ini memungkinkan perangkat bisa dibaca dengan pembaca biometrik pihak ketiga. Mekanisme ini dianggap memudahkan bagi tiap pembuat hardware yang ingin menciptakan keamanan ekstra pada laptop atau ponsel mereka.

Fido menawarkan metode otentifikasi yang lebih lokal dan lebih cepat dibandingkan dengan mekanisme kode akses konvensional. Disebutkan, Windows 10 bakal mendukung versi teranyar spesifikasi standar keamanan Fido.

Untuk diketahui, konsep Fido saat ini telah mendukung perusahaan besar pada bidang perbankan dan teknologi. Perusahaan seperti Google, PayPal, dan Bank of America telah menggunakan konsep keamanan tersebut.

"Salah satu tantangan besar dalam komputasi online adalah menciptakan bentuk identitas yang lebih kuat dan bertransisi dari password. Kami percaya otentifikasi Fido adalah jalan untuk sukses," ujar Ingalls. (art)

Baca juga:

Oktober, Pangsa Pasar Windows 10 Hampir 8 Persen



Sistem operasi Windows di Microsoft Lumia

Lumia Kini Bisa Upgrade ke Windows 10

Microsoft memberikan panduan untuk upgrade.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2016