Ini Sang Penguasa Sebelum Era Dinosaurus

Carnufex carolinensis
Sumber :
  • Live Science

VIVA.co.id - Sebelum era dinosaurus, sebuah reptil raksasa dengan tinggi sembilan kaki pernah ditakuti mahluk lainnya. Dia disebut sebagai Carnufex carolinensis.

Carnufex dipercaya hidup pada 230 juta tahun lalu dan mendiami wilayah yang saat ini dipercaya sebagai Carolina Utara. Mereka hidup sebelum era dinosaurus.

Bentuknya mirip dengan kadal, atau buaya. Tidak heran, jika ilmuwan percaya bahwa Carnufex adalah nenek moyang buaya yang berjalan dengan dua kaki belakangnya. Mereka memangsa reptil lainnya yang juga merupakan kerabat mamalia di awal ekosistem.

Carnufex adalah bahasa latin berarti 'penjagal', karena tulang hewan ini mirip dengan pisau dan giginya setajam silet. Ini merupakan awal dari kerabat crocodylomorph, kelompok keluarga buaya dan kerabat dekatnya. Carnufex diyakini sebagai predator paling buas di zamannya.

"Orang selama ini menduga jika dinosaurus satu-satunya penguasa di zaman purba. Namun, ternyata buaya benar-benar pernah menjadi penguasa sebelumnya," ujar Lindsay Zanno dari North Carolina State University, yang juga bekerja di North Carolia Museum of Natural Sciences, seperti dikutip dari Live Science, Jumat 20 Maret 2015.

Zano dan koleganya menemukan bagian dari tengkorang Carnufex, berikut tulang belakang dan tulang tangannya, saat menggali di Pekin Formation, Chatham County, Carolina Utara.

Dinosaurus Punah karena Asteroid

Sedimen di lokasi itu dideteksi berusia 231 juta tahun, atau sama dengan zaman Triasic. Wilayah itu, dulu masih menjadi bagian dari benua super Pangaea dan berlokasi di dekat khatulistiwa bumi.

"Di wilayah khatulistiwa pada zaman itu, belum ada dinosaurus yang muncul di ekosistem. Hal inilah yang menyebabkan pemakan daging seperti Carnufex, kemudian memiliki ukuran tubuh raksasa," ujar Zanno. (asp)

![vivamore="
Ditemukan Nenek Moyang Kura-Kura Baru
Baca Juga :"]
Ilmuwan Berambisi Ciptakan Dinosaurus dari Ayam



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya