Kadin Dorong Pengembangan Industri Biogas di Indonesia

Energi biogas
Sumber :
  • VIVAnews/Ramond Epu

VIVA.co.id - Kamar Dagang Indonesia (Kadin) menilai bahwa biogas adalah energi terbarukan yang sangat potensial untuk dikembangkan, karena produksi biogas tersebar, bahkan melimpah di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komite Tetap Energi Baru dan Terbarukan Kadin, Harry Salman Sohar dalam 'Biogas Forum 2015' di Jakarta, Jumat 20 Maret 2015.

Bakmi Kadin, Legendanya Bakmi di Jogja

Harry mengatakan, implementasi pengembangan bisnis biogas dengan cara yang efisien dan berkelanjutan masih perlu ditingkatkan.

"Biogas memiliki kelebihan dalam aspek pemberdayaan masyarakat, ekonomi dan lingkungan hidup. Melalui biogas maka masyarakat dapat mandiri dan berwawasan, untuk masa depan yang menunjang pembangunan ketahanan energi daerah," katanya.

Menurut dia, perlu sosialisasi yang baik di kalangan masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah terkait tantangan pengembangan dan peluang bisnis energi biogas sebagai sumber alternatif.

Pola pembuatannya juga sederhana, sehingga cocok dikembangkan di daerah pedesaan atau pulau terpencil, minimal seperti untuk keperluan rumah tangga. Selain itu, dia menjelaskan bahwa sumber biogas dapat diperoleh dari limbah perkebunan, limbah peternakan, limbah pertanian, limbah industri, limbah sampah organik dan limbah manusia.

Kadin Sambut Positif Kabinet Ekonomi

"Ini juga sekaligus dapat menyediakan kebutuhan tanah dari pupuk cair dan padat yang merupakan hasil sampingannya sehingga dapat memperbaiki kesuburan tanah," tuturnya.

Dia pun menyampaikan, pengembangan biogas juga diperkuat peraturan menteri ESDM RI nomor 27 Tahun 2014 tentang pembelian tenaga listrik dari pembangkit listrik tenaga biomassa dan pembangkit listrik tenaga biogas.

Sementara itu, untuk Perpres Nomor 5 Tahun 2006 tentang bauran energi diharapkan energi baru dan terbarukan menyumbang 17 persen pemenuhan energi nasional pada tahun 2025.

"Kami harapkan pemanfaatannya dapat lebih optimal. Kami juga mendukung sepenuhnya pengembangan biogas dari limbah perkebunan, industri, pertanian dan perkotaan menjadi energi terbarukan yang bernilai bisnis," tambahnya.

![vivamore="Baca Juga :"]

Ini Pertimbangan Hakim Menangkan Praperadilan La Nyalla
[/vivamore]
Pembalap Tim Manor Racing, Rio Haryanto.

Alasan Pengusaha RI Belum Tertarik Sponsori Rio Haryanto

Tidak masalah, jika Rio dapat sponsor dari perusahaan internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016