Kepulauan Riau Targetkan Kunjungan 2,5 Juta Turis Asing

Pantai di Kepulauan Riau.
Sumber :
  • Antara/ Henky Mohari

VIVA.co.id - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Robert Iwan Loriaux, mengatakan bahwa tahun ini pihaknya akan menggenjot kunjungan turis asing ke Kepulauan Riau hingga 2,5 juta orang.

Terkait target tersebut, ungkapnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Arief Yahya berjanji akan mengucurkan dana sebesar Rp100 miliar untuk mengembangkan sejumlah tujuan wisata di provinsi yang berbatasan dengan negaranya Lee Kuan Yew itu.

Menurutnya, saat ini, Kepulauan Riau menjadi provinsi ketiga dengan jumlah wisatawan asing terbanyak, setelah Bali dan Jakarta. Target kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali tahun ini sebanyak 3,3 juta, sedangkan ke Jakarta sebanyak 2,7 juta.

"Tahun lalu, kunjungan wisatawan asing ke Kepulauan Riau sebanyak 2 juta orang, tahun ini ditingkatkan 500 ribu, menjadi 2,5 juta orang. Tambahan dana dari APBN (anggaran pendapatan dan belanja negara), akan dialokasikan ke mana saja, tetapi lokasi wisata yang paling potensial ke Batam dan Bintan," kata Robert, kepada VIVA.co.id, Senin malam, 23 Maret 2015.

Dia menjelaskan, pada 2014, Batam dikunjungi 1,4 juta turis asing.

"Batam dan Bintan merupakan pintu masuk utama turis asing ke Kepulauan Riau. Di Batam misalnya, ada enam pintu masuk besar, satu kapal saja rata-rata bisa hingga 99 kali bolak balik ke Singapura," tuturnya.

Kemendagri Siapkan SK Plt Gubernur Kepri

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa sebenarnya selain wisata bahari, Kepulauan Riau juga mengandalkan wisata budaya, sejarah, olahraga dan kuliner.

"Mulai dari memancing hingga menyelam bisa dilakukan di banyak tempat di Kepulauan Riau," tambah Robert.

![vivamore="Baca Juga :"]

Masyarakat Berduka Gubernur Kepri Tutup Usia
[/vivamore]
Penyelundupan Sabu

BNN Tanjungpinang Amankan Ratusan Kilogram Sabu

Satu dari tiga tersangka tewas karena terjatuh dari lantai tiga.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016