Relaksasi Tubuh di Tujuh Kolam Air Panas Populer

ciater
Sumber :
  • Aditia W

VIVA.co.id - Berendam di air hangat sambil memandang alam nan elok. Beginilah gambaran wisata kolam air panas di dunia. Kolam air panas menjadi lokasi favorit bagi masyarakat setempat untuk melepas penat dan berelaksasi.

Enam Manfaat Kesehatan Konsumsi Air Hangat

Di Jepang, berendam di kolam air panas sudah menjadi kegiatan rutin warganya. Tercatat ada ribuan kolam air panas di Negeri Sakura.

Hal ini tentunya tak lepas dari manfaat yang ditawarkan oleh kolam air panas. Sejak dahulu, kolam air panas dipercaya berkhasiat bagi kesehatan kulit. Kandungan zat belerangnya dianggap mampu mengusir jerawat dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat
Anda tak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati kolam air panas ini. Sebab, Indonesia punya banyak kolam air panas yang tak kalah memikat.
Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Berikut tujuh kolam air panas paling populer di Indonesia seperti dilansir dari berbagai sumber.

Kolam Air Panas Cisolok

Terletak di Sukabumi, Jawa Barat, kolam air panas ini memiliki keunikan tersendiri. Sebab, lokasinya lebih dekat dengan pantai ketimbang pegunungan.

Air panas keluar dari bebatuan. Terdapat tiga titik semburan air panas dengan suhu tinggi, yakni sekitar 80 derajat celsius. Mengingat tingginya suhu air maka pengunjung dilarang bermain di dekat semburan.

Namun, pengunjung diperbolehkan berendam di kolam air panas di sekitarnya. Menurut warga setempat, kolam air panas ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Air Panas Gunung Pancar

Lokasi Kolam Air Panas Gunung Pancar berada di daerah Babakan Madang atau tepatnya berada di dalam kawasan Hutan Lindung Pinus Gunung Pancar.

Wisata Air Panas Gunung Pancar Bogor memiliki sejumlah fasilitas publik yang cukup baik. Tersedia kolam-kolam pemandian air panas, yakni kolam umum, kolam keluarga, dan kolam tiga rasa.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab kolam air panas ini terbagi lagi untuk pengunjung laki-laki dan pengunjung perempuan. Ada juga kolam air panas yang tertutup untuk menjaga privasi.

Anda dapat menggunakan kolam air panas tertutup ini untuk Anda sendiri, bersama istri atau suami, atau bersama dengan anggota keluarga Anda.

Air Panas Sabda Alam

Wisata air ini merupakan wisata air panas yang dilengkapi dengan berbagai permainan, di antaranya adalah water boom, ember tumpah, dan berbagai permainan air lainnya.

Taman Air Sabda Alam merupakan tempat hiburan baru di Hotel Sabda Alam. Menyuguhkan berbagai macam permainan air yang dapat menjadi alternatif hiburan bagi keluarga Anda. Di arena Taman Air Sabda Alam juga tersedia permainan outbound.

Air Panas Sari Ater

Sejak lama Ciater dikenal sebagai tempat kolam air panas alami. Lokasinya dekat dengan kota Bandung, tepatnya di dataran tinggi Kabupaten Subang, Jawa Barat. Terletak tidak jauh dari Tangkuban Perahu, lokasi wisata yang disebut Sari Ater ini menyediakan berbagai fasilitas menarik.

Di sini Anda akan menikmati air panas dengan temperatur 42,5 derajat celsius. Kandungan dalam air panas di Ciater dianggap yang paling baik dibanding beberapa pemandian air panas lainnya.

Air Panas Cipari

Kolam Air Panas Cipari terletak di Desa Cipari Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 75 kilometer ke arah barat dari kota Cilacap dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan.

Menurut sejarah, tempat pemandian ini awalnya merupakan proyek gagal dari pemerintah Belanda pada tahun 1930-an. Ketika itu mereka sedang berusaha mencari sumur baru untuk eksplorasi minyak karena memang Kabupaten Cilacap.

Namun, bukan sumur minyak yang ditemukan tetapi justru menyembur air panas yang di kemudian hari dilakukan pengelolaan untuk dijadikan sebagai tempat wisata bagi masyarakat yang tinggal di Kabupaten Cilacap dan sekitarnya.

Sumber air panas yang ada di Kecamatan Cipari ini dipercaya mengandung belerang yang baik untuk menyembuhkan masalah kulit.

Air Panas Sangkanurip

Kolam Air Panas Sangkanurip merupakan salah satu pemandian air panas terkenal yang ada di daerah itu. Lokasi Pemandian Air Panas Sangkanurip berada di Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan.

Untuk mencapai tempat ini pengunjung perlu menempuh jarak sekitar 23 kilometer atau sekitar 45 menit perjalanan darat dari Kota Cirebon ke arah Kuningan.

Air Panas Sapta Tirta

Pemandian Sapta Tirta terletak di Desa Pablengan Kecamatan Matesih, atau sekitar 20 kilometer dari kota Karanganyar. Lokasiya berada di tepi jalan raya, antara Karangpandan – Matesih.

Akses menuju ke lokasi ini juga tergolong mudah karena Anda bisa menggunakan alat transportasi umum dan bisa langsung turun di pintu masuk. Konon, tempat ini dulu digunakan oleh Pangeran Sambernyawa untuk bermeditasi karena suasananya sangat cocok, tenang dan lapang.

Kini, keberadaan Pemandian Sapta Tirta telah dikembangkan untuk tujuan wisata dengan berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati oleh tiap pengunjung.

Sesuai dengan namanya, Pemandian Sapta Tirta ini berarti mempunyai tujuh mata air. Salah satu keunikan yang ada di tempat ini adalah bahwa tiap mata air tersebut mempunyai kandungan mineral yang berbeda-beda.

Hawa di sekitarnya sangat sejuk karena Pemandian Sapta Tirta berada di kaki Gunung Lawu serta dikelilingi oleh hutan pinus Argotiloso.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya