Dicurigai Mata-Mata, Burung Merpati Ditangkap Polisi

Ilustrasi burung merpati
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id – Sebuah peristiwa unik terjadi di India. Seeekor burung merpati menjadi tahanan karena dianggap sebagai mata-mata.

Peristiwa tidak biasa bermula ketika si burung mendarat di teras rumah seorang pemangkas rambut di Desa Manwal, India, yang berjarak empat kilometer dari perbatasan India-Pakistan.

7 Hewan Aneh Bisa Melakukan Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

Burung itu kemudian ditangkap oleh anak sang pemangkas rambut. Saat diperiksa, si anak menemukan sandi rahasia dalam bahasa urdu serta serangkaian angka, yang tertulis di helaian bulu burung merpati putih itu.

Terkejut melihat hal tersebut, si anak membawa burung merpati itu ke polisi dan meminta mereka melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Sudah bisa ditebak, pihak polisi pun penasaran. Ditambah, terdapat semacam alat penyadap yang terpasang di tubuh si burung. Berangkat dari situ, polisi segera membawa sang merpati ke dokter hewan guna dilakukan pemeriksaan menggunakan X-Ray, yang ternyata berujung percuma. Burung itu bersih dari penyadap ataupun microchip yang umumnya terdapat di film-film tentang agen dan mata-mata.

Oleh karena misteri identitas si burung belum terpecahkan, merpati itupun tetap menjadi ‘tahanan’ kepolisian India. Mereka berasumsi deretan angka yang tertulis di bulu merpati merupakan nomor telepon seseorang di Pakistan. Tidak hanya itu, merpati itupun tiba-tiba hinggap saat adanya konferensi keamanan tingkat tinggi yang berlangsung di India.

“Sangat aneh jika seekor burung dari Pakistan tiba-tiba hinggap di India,” ujar juru bicara kepolisian yang tidak ingin disebutkan namanya, dilansir Oddity Central.

Dia menambahkan Desa Manwal merupakan kawasan sensitif. “Kami sudah menangkap beberapa mata-mata yang menyusup ke daerah ini,” kata dia.

Mungkin kasus ini terdengar aneh. Tapi, beberapa tahun lalu, tepatnya pada 2008, kasus serupa terjadi di Iran. Petugas Iran menangkap dua merpati yang dicurigai tengah memata-matai fasilitas nuklir di negara tersebut.

Sementara di Mesir, seekor merpati ditahan karena memiliki alat penyadap di bulunya. Adapun kepolisian Irak menahan setidaknya dua belas peternak merpati guna mencegah maraknya mata-mata burung. (ren)

Suku di Ethiopia

7 Suku yang Memiliki Tradisi Unik dan Aneh di Dunia, Bisa Pinjam Istri

Beberapa suku yang memiliki tradisi unik dan aneh di dunia yang mungkin jarang diketahui oleh kamu karena sudah hidup di dunia modern.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022