Jadi Teman Manusia, Ini Fungsi Robot Pepper Sebenarnya

Robot Pepper
Sumber :
  • Japantrends.com
VIVA.co.id
VIDEO: Ponsel Robot Canggih Dipamerkan di Tokyo
- Di tengah perdebatan kehadiran kecerdasan buatan di tengah-tengah kehidupan manusia, kedua perusahaan ini malah membuat robot humanoid pertama yang diklaim memiliki emosi layaknya seorang manusia. Robot tersebut dinamakan Pepper.

Jepang Larang Robotnya Dijadikan Pemuas Seks

Perusahaan telekomunikasi Jepang, SoftBank bekerja sama dengan perusahaan robot dari Prancis Aldebaran Robotics, merancang Pepper untuk dapat menemani manusia di setiap harinya.
ABB: Robot Tak Akan Gantikan Manusia


"(Pepper) merupakan robot humanoid pertama yang dirancang untuk hidup dengan manusia," tulis Aldebaran dalam situsnya, dikutip dari
Quartz
, Selasa 23 Juni 2015.


Dengan demikian, Pepper akan menjadi robot yang dapat menyambut ketika sang pemiliknya pulang ke rumah, atau bahkan sekedar mendengarkan curhat pemiliknya. Sebab, Pepper telah disematkan teknologi yang dapat menangkap emosi manusia melalui sensor dan kamera yang ada di dalam tubuhnya.


Robot ini akan mengeluarkan suasana hatinya melalui sebuah perangkat tablet yang menempel di dadanya, untuk merespons dari sang majikan. Pepper juga bisa dimanfaatkan untuk merekam segala aktivitas sehari-hari keluarga.


"Pepper dapat merasakan sukacita, kemarahan, keraguan, dan kesedihan," jelas Aldebaran.


Namun, tak dijelaskan seberapa kuat perasaan tersebut akan tercurah, apakah saat mengalami hari yang buruk, robot ini akan marah, atau meminta untuk sendirian.


Meski demikian, tampaknya masyarakat tak memperdulikan hal itu. Ini terlihat dari pemesanan Pepper yang terjual habis hanya dalam satu menit di Jepang. Mereka mau merogoh kocek uang sebesar US$1.600 (Rp21 juta) yang belum termasuk biaya data US$120 (Rp1,6 juta) per bulan dan biaya asuransi US$80 (Rp1 juta) per bulan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya