Trik Persiapan Mudik Agar Tubuh Tetap Fit

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek
Sumber :
  • Dianty Winda

VIVA.co.id - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meminta kepada masyarakat untuk melakukan persiapan dan mengantisipasi risiko saat perjalanan mudik Lebaran. Selain risiko kecelakaan, perjalanan mudik Lebaran juga memiliki risiko lain.

Pengguna KRL Naik 26 Persen Selama Libur Lebaran

Seperti terjadi keracunan makanan, infeksi berbagai penyakit menular, serta meningkatnya atau kambuhnya kejadian penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes melitus, dan asma.

"Juga perlu diwaspadai masyarakat adalah tindak kejahatan," katanya dalam sambutannya pada Apel Siaga Kesiapan Bidang Kesehatan Mudik Lebaran Tahun 2015/ 1436 H di lapangan Kemenkes RI, Kuningan, Jakarta, Selasa, 30 Juni 2015.

Menjaga dan menyiapkan fisik yang prima perlu dilakukan masyarakat yang akan mudik. Mengikuti arahan petugas di lapangan dan memanfaatkan fasilitas yang ada juga perlu agar mudik terasa nyaman dan aman.

"Utamakan istirahat dan jangan paksakan diri untuk melanjutkan perjalanan jika mengantuk. Jangan makan atau minum sembarangan," kata Nila.

Selain itu, pemudik juga harus menggunakan masker jika sedang flu, jangan lupa mencuci tangan pakai sabun sebelum makan, buang sampah pada tempatnya dan menjaga fasilitas umum yang ada.

"Jika sakit gunakan fasilitas kesehatan yang juga telah disediakan," ujarnya.

Ilustrasi perlintasan kereta api

Lebaran 2015, Pendapatan PT KAI Melebihi Target.

Volume penumpang naik delapan persen.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2015