Menhub: Peserta Mudik Gratis Naik Dua Kali Lipat

12 Terminal di Jakarta Siap Hadapi Mudik Lebaran
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Pendaftaran Angkutan Mudik Gratis Lebaran Sudah Dibuka
- Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, mengatakan adanya peningkatan minat mudik gratis menggunakan angkutan bus. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah pemudik yang ikut mudik bersama ini mencapai dua kali lipat.

Lebaran 2015, Pendapatan PT KAI Melebihi Target.

"Kami beruntung sekali, tahun ini peminat mudik gratis, terutama angkutan bus bertambah besar," ujar Jonan, saat wawancara di
Pengguna KRL Naik 26 Persen Selama Libur Lebaran
tvOne , Rabu 8 Juli 2015.


Jonan menjelaskan, ada tantangan besar yang dihadapi kementeriannya dalam mempersiapkan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.


"Tantangannya, ya kita sama-sama berupaya lebih disiplin, terutama tentang keselamatan. Ini pertama kalinya kita uji pemeriksaan bus, kereta api, pesawat supaya jaminan keselamatannya lebih besar. Jadi, bukan hanya pengemudinya saja yang diperiksa," kata Jonan.


Beberapa strategi juga dilakukan, biasanya arus mudik dilakukan sejak H-7, namun untuk tahun ini dimajukan menjadi H-11.


"Operasi mudik naisonal dimajukan 15 hari, karena biar sepi. Kemarin, saya lihat di Stasiun Pasar Senen ada 15 ribu penumpang, artinya sama seperti jadwal akhir pekan. Jika disamakan dengan tahun lalu, pasti sudah membeludak. Kami melakukan persiapan sudah jauh-jauh hari," jelas Jonan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya