10 Benda Ini Wajib Dibawa Saat Mudik

Kepadatan lalu lintas di Tasikmalaya, Senin 13 Juli 2015, siang.
Sumber :
  • Foto: Ipung S Munawar/tvOne

VIVA.co.id -  Mungkin Anda adalah salah satu pemudik yang akan menggunakan mobil pribadi sebagai alat transportasi.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Selain kondisi kendaraan yang prima, ada beberapa benda yang wajib dibawa agar mudik Lebaran bisa dilakukan dengan aman, nyaman, bebas gangguan, dan tanpa khawatir. Apa saja benda-benda tersebut?

Toolkit

Kebanyakan toolkit atau perkakas dijual dalam bentuk satu set dengan kotak atau tasnya. Anda bisa memilih toolkit yang sesuai dengan jenis kendaaraan yang digunakan dan dibutuhkan selama perjalanan.

Namun, beberapa peralatan wajib seperti kunci pas (ukuran 10 mm, 12 mm, 14 mm dan 16 mm), tang, palu dan obeng (kembang dan minus dengan tangkai yang bervariasi) tetap wajib tersedia di dalam kotak atau tas tersebut.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Baca juga: 4 Risiko Finansial Ini Bisa Dilindungi Saat Mudik Lebaran?

Selain itu, sisipkan pula mur dan baut (ukuran 10 mm dan 12 mm) secukupnya, solasi PVC, sekering dengan berbagai ukuran (mulai dari 10 ampere sampai 25 ampere), serta bohlam lampu utama dan senter.

Dongkrak

Fungsi utama alat ini adalah menjungkitkan sebagian bodi mobil, misalnya untuk mengganti ban. Dongkrak standar atau bawaan mobil dan berukuran kecil adalah perlengkapan wajib yang harus dibawa.

Namun, kekurangan dongkrak ini adalah tidak praktis untuk digunakan. Oleh karena itu, Anda bisa melengkapi kendaraan dengan membawa dongkrak hidrolik yang jauh lebih praktis untuk dioperasikan.

Kabel Jumper

Saat sedang asyik jalan, tiba-tiba mobil mendadak mati karena aki tekor. Atau mobil tidak bisa dinyalakan kembali. Masalah ini solusinya adalah memakai kabel jumper untuk ”meminjam” listrik dari mobil lain.

Alat ini begitu penting, terutama bagi kendaraan bertransmisi otomatis yang mengalami masalah pada aki saat mudik. Anda juga bisa membantu orang lain yang mengalami masalah pada aki mobilnya dengan menggunakan alat ini.

Kotak P3K

Karena kelelahan dan perubahan cuaca membuat kita terkadang mudah sakit di perjalanan. Karena itu, siapkan kotak P3K yang berisi vitamin dan aneka obat-obatan penting Di antaranya, obat penurun panas, obat luka, minyak kayu putih, balsam bayi, perban, plester, losion nyamuk, hingga termometer, sebagai langkah antisipasi untuk kejadian tak terduga.

Kunci Setir

Ini tentang keamanan kendaraan saat terparkir. Selain berfungsi untuk menyulitkan para pencuri dalam menjalankan aksinya, pemasangan kunci setir juga bisa menyurutkan minat orang-orang jahil yang ingin mencuri kendaraan.

Saat ini, sudah banyak tersedia berbagai jenis kunci mobil di pasaran. Beberapa di antaranya, kunci setir yang mengunci setir ke dashboard kendaraan dan kunci setir yang mengunci setir dengan pedal.

Tempat Sampah

Mungkin Anda miliki kebiasaan untuk meyetir sambil ngemil. Bungkus permen, bungkus makanan, botol minuman kosong atau tisu bekas dapat menjadi sampah yang membuat mobil berantakan, dan Anda merasa tidak nyaman selama perjalanan.

Sediakanlah kantong sampah berukuran sedang untuk menampung semuanya. Selain berguna untuk menjaga kebersihan mobil, adanya tempat sampah yang tertutup rapat dapat mencegah kehadiran semut dan serangga sejenis lainnya untuk datang dan berkembang di dalam kendaraan.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Parfum Mobil

Bau tidak sedap di dalam kendaraan memang sangat mengganggu, terlebih lagi bila kita sedang dalam perjalanan jauh. Oleh karena itu, berilah sentuhan parfum mobil sesaat sebelum berangkat mudik, supaya tercium aroma yang harum. Dengan pengharum, segala jenis bau tidak sedap akan segera menghilang dari mobil Anda.

Saat ini berbagai jenis pengharum mobil dapat dengan mudah dijumpai di pasaran, sehingga kita mudah untuk mencari pengharum mobil yang sesuai dengan selera. Namun, pilihlah parfum mobil yang bisa diisi ulang sehingga akan menghemat pengeluaran Anda dalam jangka panjang.

Charger

Saat ini, penggunaan smartphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Apalagi  bagi para pemilik smartphone yang memiliki fitur-fitur canggih serta layar beresolusi tinggi, tentu baterainya menjadi boros dan cepat habis.

Oleh karena itu, siapkanlah charger smartphone yang dapat dihubungkan dengan colokan listrik di dalam mobil, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai di sepanjang perjalanan.

Alat Navigasi

Ketika bepergian jauh, sebaiknya kita memang memiliki bantuan navigasi. Selain menggunakan unit Global Positioning System(GPS) yang khusus untuk mobil, kita bisa memakai aplikasi gratis yang dapat dijalankan di smartphone.

Baca juga: Sebelum Membeli Mobil Bekas, Wajib Perhatikan 4 Hal Ini

Beberapa di antara aplikasi ini adalah Google Maps dan Waze. Aplikasi yang juga sangat mudah untuk digunakan ini tidak hanya memberikan arahan navigasi, tetapi juga mampu memproses informasi dari pengguna lainnya dalam mengalkulasi daerah-daerah yang macet dan menyediakan rute yang paling efisien untuk perjalanan Anda.

Roof Box

Bagi pemudik yang akan menggunakan mobil pribadi, penambahan aksesori berupa roof box bisa menjadi sebuah pilihan jitu. Roof box dapat berfungsi sebagai ruang bagasi tambahan yang aman dan tidak mengganggu ruang kabin. Saat ini roof box tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 100 liter hingga kapasitas 460 liter.

Setelah mempersiapkan perlengkapan mobil yang tepat untuk mudik, sebaiknya pastikan juga kondisi kesehatan anggota keluarga dalam keadaan fit untuk menempuh perjalanan jauh. Kemudian, berikan pula perlindungan terhadap kendaraan, diri dan anggota keluarga Anda yang akan mudik bareng, supaya libur Lebaran tersebut bisa dilakukan dengan tenang, aman dan nyaman.

Selamat mudik. Semoga sampai tujuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya