NASA Rilis Foto Terbaru Rupa Bumi

Foto Bumi tahun 2015
Sumber :
  • NASA
VIVA.co.id
Teknologi Baru NASA Ini Cepat Deteksi Kebakaran Hutan
- Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto terbaru dari wajah Bumi secara keseluruhan. Terakhir kali NASA memotret planet ini pada tahun 1972 silam oleh pesawat ulak alik Apollo 17.

Jangkau Nasabah Pedesaan, BRI Akan Luncurkan Satelit

Dikutip dari laman
Alien Ciptakan Swastika di Kazakhstan?
Inquisitr , Rabu, 22 Juli 2015, pada saat itu Apollo 17 sedang menjalankan misi ke Bulan. Kemudian menyempatkan diri untuk memotret wajah Bumi yang hasilnya dikenal dengan
"blue marble"
yang terlihat jelas area laut Mediterania di sebelah selatan kutub es Antartika yang tertutup awan.


Pada foto Bumi 43 tahun yang lalu itu juga, Bumi bagian selatan ditutupi oleh awan dan terlihat benua Afrika secara utuh. Begitu pula, terdapat negara-negara Timur Tengah.


Sementara foto terbaru Bumi saat ini, NASA berhasil mendapatkannya melalui salah satu satelitnya bernama
Deep Space Climate Observatory
(DSCOVR) dengan menggunakan NASA
Earth Polychromatic Imaging Camera
(EPIC). Satelit tersebut memotret wajah Bumi dari jarak lebih dari satu juta mil atau sekitar 1,6 juta kilometer.


Diketahui, DSCOVR merupakan satelit yang dikenal sebagai Triana yang mengamati Bumi terus-menerus. Pengamatan itu dilakukan untuk memantau kondisi angin Matahari dan mengukur fluktuasi albedo atau perbandingan besaran sinar Matahari ke Bumi dan dipantulkan kembali ke angkasa.


Penantian gambar terbaru Bumi selama 43 tahun bukan tanpa alasan. NASA menyebutkan, untuk memotret planet biru ini tentunya harus dalam kondisi tersinari oleh Matahari, sehingga dapat terlihat bulat secara utuh ketika akan difoto.


Saat ini, NASA telah menempatkan beberapa gambar tetapi dalam keadaan mosaik, sehingga nanti akan disatukan dalam perangkat lunak pengolah gambar. Diharapkan, kumpulan gambar tersebut terkumpul pada bulan September tahun ini.


Adam Szabo, ilmuwan proyek DSCOVR di
Goddard Space Flight Center,
Amerika Serikat, mengatakan foto yang dihasilkan oleh EPIC telah memberikan kepuasan kepada NASA. Sebab, foto Bumi ini mempunyai kualitas tinggi gambar dan resolusinya.


"Gambar sangat jelas dari struktur pasir gurun, sistem sungai, dan pola awan yang kompleks. Akan ada data baru yang memiliki kekayaan besar bagi para ilmuwan untuk mengekplorasinya," ucap Szabo dilansir
USA Today.
(ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya