Oktober, 4G LTE Smartfren 'Selimuti' Penuh Bandung

Ilustrasi 4G LTE
Sumber :
  • cnmeonline.com

VIVA.co.id - PT Smartfren Telecom Tbk menguji jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) di kota Bandung. Hasilnya pun, penggunaan jaringan generasi keempat di Kota Kembang ini mampu berselancar di internet dengan kecepatan rata-rata di atas 10 Mbps.

Penggunaan untuk mengakses video berbagi YouTube dengan kualitas maksimal pada perangkat mobile pun tak terlihat ada hambatan atau buffering yang mengiringi.

"Kami ingin buktikan bahwa Smartfren telah menghadirkan 4G LTE di kota Bandung dan sekitarnya. Meski baru 85 persen tercakup, tetapi nanti akan sepenuhnya ter-cover," ujar Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren di sela presentasi uji jaringan 4G LTE Smartfren di Cirebon-Bandung, Kamis 10 September 2015.

Sementara itu, Manajer Jaringan Smartfren Jawa Barat, Sebastian Widodo, menjelaskan, wilayah Bandung, termasuk Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat sudah terselimuti 85 persen jaringan 4G LTE Smartfren.

"Bandung itu ada 26 kecamatan dan sudah ada BTS (Base Transceiver Station) juga, meskipun ada yang lost (hilang) sedikit," kata dia.

Sebastian menyampaikan, Bandung dan sekitarnya terselimuti penuh jaringan 4G dari Smartfren ini pada Oktober 2015. Saat ini, operator seluler berbasis CDMA tersebut sedang mengejar daerah-daerah di sisi Bandung, yang belum terjangkau jaringan 4G.

"Saat ini, baru di kota-kotanya yang kami kuatkan. Tapi, kami sekarang sedang mengejar di daerah sisi Bandung. Kemungkinan, Oktober tahun ini beres," ujar Sebastian.

Sebastian menjelaskan bahwa hambatan untuk "menutup" daerah tersebut dengan "awan" 4G, karena masih ditemukan kendala-kendala, seperti pembangunan tower.

"Daerah ada yang cepat, ada yang lambat, ini karena masalah perizinan, ada warga yang masih menego pembangunan tower. Kalau sudah siap dibangun, maka kami akan langsung dirikan," kata dia.

Diketahui, jumlah total BTS yang ada di Jawa Barat sebanyak 696 BTS, Bandung dan sekitarnya sudah didukung oleh 340 BTS.

Smartfren menyatakan, saat ini, 19 kota di Jawa Barat telah tersedia jaringan 4G Long Term Evolution (LTE). Ke-19 kota yang dimaksud, berupa kota-kota kedua di antaranya Sukabumi, Indramayu, Cirebon, Sumedang, Majalengka, Subang, Ciamis, Purwakarta, Kuningan, Garut, Tasikmalaya, Cimahi, termasuk Bandung.

Dalam menyediakan jaringan 4G ini, Smartfren mempunyai 696 BTS yang siap untuk melayani para pelanggan Smartfren dalam menikmati internet cepat.

Jaringan 4G dari Smartfren ini memanfaatkan teknologi LTE Radio, Frequency Time Duplex (FTD) di 850 MHz dan Time Division Duplex (TDD) pada pita frekuensi 2300 MHz. Kedua frekuensi ini menawarkan kecepatan koneksi internet lebih cepat dari jaringan 3G. (art)

Demi 4G LTE, XL dan Indosat Ooredoo Saling Berbagi
Head of Brand and Marketing Communication Smartfren, Derrick Surya (kanan).

Smartfren Hadirkan Modem Berkecepatan 150 Mbps

Satu modem bisa dipakai untuk 23 perangkat.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016