Saham Apple Bikin Wall Street Terangkat

Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid
VIVA.co.id
Apple Bagi-bagi Undangan
- Saham-saham di bursa Wall Street ditutup lebih tinggi pada Senin, 21 September 2015 waktu setempat, meningkat dari  pekan lalu. Saham Apple dan saham keuangan membantu kenaikan ini, namun saham bio teknologi mengalami penurunan. 

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon
Dilansir dari Reuters, Selasa, 22 September 2015, saham perusahaan biotek jatuh setelah calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Hillary Clinton mengatakan  akan mengumumkan rencana untuk menghentikan 'harga' untuk obat khusus.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan
Biogen (BIIB.O) turun 5,6 persen menjadi US$297,16 dan Gilead (GILD.O) turun 2,5 persen menjadi US$105,74. Saham S & P sektor kesehatan .SPXGC turun 1,4 persen dan indeks sektor S & P 500 berakhir lebih rendah. Indeks saham Nasdaq biotek .NBI merosot 4,4 persen.

Sementara saham di sektor keuangan bangkit kembali setelah kehilangan pada pekan lalu akibat keputusan Bank Sentral AS (The Fed) untuk mempertahankan suku bunga. Adapun indeks saham S & P sektor keuangan .SPSY naik 1,1 persen.

"Indeks saham kembali menguat, hal ini dipicu setelah terjadi aksi jual pada pekan lalu. Namun masih ada sejumlah investor yang masih melihat ketidakpastian bank sentral AS," ujar Bucky Hellwig, Wakil Direktur BB&T Wealth Management di Birmingham, Alabama.

Dow Jones Industrial Average naik 125,61 poin atau 0,77 persen, ke 16,510.19, saham S & P 500 naik 8,94 poin, atau 0,46 persen, ke 1,966.97 dan Nasdaq Composite  menambahkan 1,73 poin, atau 0,04 persen, ke 4,828.96.

Kekhawatiran perlambatan pertumbuhan di China memicu aksi jual di pasar saham global dalam beberapa pekan terakhir dan komentar Fed tentang ekonomi global memperburuk kekhawatiran mereka.

Investor kini fokus pada pertemuan The Fed berikutnya pada 27-28 Oktober, meskipun beberapa ekonom sekarang bertanya-tanya apakah Fed akan menaikkan suku di sepanjang tahun ini.

Saham Apple naik 1,6 persen menjadi US$115,21, saham S & P 500 memimpin perjualan hari ini. The Wall Street Journal melaporkan Apple akan membangun mobil listrik.

Saham pembuat chip Atmel (ATML.O) melonjak 12,7 persen menjadi US$8,19 sehari setelah Dialog Semiconductor setuju untuk membeli perusahaan tersebut  dengan harga US$4,6 miliar.

Saham GoPro turun 8,2 persen menjadi  US$32,27 setelah Barron mengatakan, saham pembuat kamera video bisa terjun ke angka US$25 usai peluncuran produk terbarunya yang cukup mengecewakan di tengah meningkatnya persaingan. 

Volume perdagangan saham tercatat sekitar 6,5 miliar saham di awal pekan ini. Angka tersebut di bawah rata-rata perdagangan harian saham sekitar 8,3 miliar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya