Negara Ini Punya Cara Unik Sembuhkan ‘Kecanduan’ Ponsel

Aksi menyeimbangkan ponsel di Tiongkok
Sumber :
  • Ist/CEN

VIVA.co.id – Tidak bisa dimungkiri, generasi masa kini tidak bisa dipisahkan dari gadget yang mereka miliki, baik itu laptop, ponsel maupun tablet. Oleh karena itu, tidak heran bila generasi sekarang punya julukan, generasi menunduk, akibat kepala mereka yang selalu menunduk melihat ponsel di tangan.

Prihatin dengan hal tersebut, Pemerintah Tiongkok berusaha mencegah serta "menyembuhkan" kaum muda yang kecanduan teknologi, melalui cara unik.

Cara yang dimaksud adalah dengan pelatihan wajib militer sebelum memasuki universitas.

Tapi, bukan pelatihan wajib militer pada umumnya, melainkan wajib militer khusus. Di mana para calon mahasiswa harus menyeimbangkan ponsel di berbagai bagian tubuh mereka, mulai dari kepala, mulut, tangan hingga kaki.

Laman People’s Daily mendokumentasikan wajib militer unik ini di sebuah universitas di Zhengzhou, Tiongkok. Tidak hanya di universitas. Sebuah sekolah menengah di Shenyang, barat laut Tiongkok, juga melakukan pelatihan serupa.

7 Hewan Aneh Bisa Melakukan Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

Hal itu terjadi, menyusul siswa yang ketahuan menyelundupkan ponsel ke sekolah. Tidak disebutkan berapa lama para calon mahasiswa harus menyeimbangkan ponsel selama pelatihan tersebut.

Namun dikatakan, pelatihan tersebut bertujuan mencegah kaum muda terlalu terikat dengan ponsel mereka.

Selain itu, melalui pelatihan itu, diharapkan kaum muda bisa lebih banyak berinteraksi sosial dengan teman sebaya dan lingkungan.

Adapun, Tiongkok memang mewajibkan seluruh sekolah menengah dan universitas untuk memberlakukan wajib militer bagi para siswa. Selain bertujuan mengajarkan disiplin, pelatihan militer itu juga diharapkan bisa membantu pembentukan karakter generasi muda.

Suku di Ethiopia

7 Suku yang Memiliki Tradisi Unik dan Aneh di Dunia, Bisa Pinjam Istri

Beberapa suku yang memiliki tradisi unik dan aneh di dunia yang mungkin jarang diketahui oleh kamu karena sudah hidup di dunia modern.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022