Sosok Mona Lisa Ditemukan dalam Makam Tersembunyi?

Isleworth Mona Lisa
Sumber :
  • Mona Lisa Foundation
VIVA.co.id
Tangkal Budaya Asing Lewat Goresan Kanvas
- Selama ini sosok dalam lukisan Mona Lisa milik Leonardo Da Vinci masih menjadi misteri. Namun sejarawan baru-baru ini mengaku telah menemukan jasad Mona Lisa.

Misteri Potret Lain Tersembunyi Di Lukisan Mona Lisa?

Para arkeolog mengklaim menemukan tulang belulang gadis yang diduga Mona Lisa. Jasadnya terkubur di dalam makam yang tersembunyi di Sant Orsolo, di Florence, Italia.
Peneliti Yakin Masih Banyak Rahasia di Dalam Piramida Mesir


Uji karbon dalam fragmen itu menunjukkan tanggal yang sama dengan kematian Lisa Gherardini de Giocondo, wanita yang diduga sosok dalam lukisan Mona Lisa. Gherardini meninggal di usia 63 tahun pada 1542. Di akhir hidupnya, ia hanya tinggal bersama putrinya, Marietta, yang memilih menjadi biarawati.


"Saya berbicara berdasarkan bukti sejarah, analisa antropologi dan arkeologi. Hasilnya sangat kuat jika fragmen yang kami temukan mengarah ke Gherardini," ujar Silvano Vinceti, ilmuwan asal italia yang bekerja di National Committee of Historical, Cultural and Environmental Heritage.


Namun begitu, dikutip dari
Reuters
, Sabtu, 26 September 2015, ilmuwan lain tetap belum mempercayai identitas Gherardini sebagai Mona Lisa. Oleh karena itu mereka akan melakukan penyesuaian identitas melalui analisa DNA dengan menggunakan DNA keluarga Gherardini di makam mereka.


"Jika anda bertanya pada saya, secara personal dan subjektif, perasaan dan pikiran saya percaya jika kami telah menemukannya (Mona Lisa)," kata Silvano.


Profesor antropologi dari Uniersity of Bologna, Giorgio Gruppioni, mengatakan jika teori Silvano dan tim peneliti yang terlibat belum terlalu kuat jika berdasarkan bukti-bukti sains murni.


"Yang kami harapkan adalah teknik yang lebih rumit, yang pada akhirnya memungkinkan kita untuk mengekstrak, menganalisa da membandingkan DNA sehingga bisa mendapatkan bukti genetik dari Lisa Gherardini," ujar Gruppioni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya