Cara Menteri Saleh Kembangkan Industri Batik Nasional

Saleh Husin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Batik Alleira Hadirkan Sisi Feminisme Wanita Urban
- Menteri Perindustrian Saleh Husin membidik tren aktivitas perjalanan atau travelling sebagai pemacu pengembangan batik Indonesia. Apalagi, motif batik Nusantara semakin beragam dan menjadi pilihan menarik sebagai buah tangan.

Batik Pewarna Alami Ciwaringin Didorong Mendunia
"Mari kita perbanyak koleksi baju motif batik setiap traveling ke lain daerah, termasuk untuk para wartawan, sehingga pengembangan batik- batik Nusantara makin bergairah," kata Saleh, saat meresmikan pembukaan Pameran Batik Warisan Budaya VIII, di Kementerian Perindustrian, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 29 September 2015.

Wali Kota Amerika di Somersworth Bangga Pakai Batik
Dia menuturkan, pemakaian batik dari banyak daerah juga dapat menjadi promosi secara viral dan kebanggaan personal seseorang pernah mengunjungi suatu daerah tempat asal motif batik.

Dia memaparkan, batik telah menjadi identitas budaya Indonesia yang semakin kuat. Bahkan United Nation Education Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan batik sebagai warisan budaya (World Herritage) tak benda pada 2 Oktober 2009.  

Banyak tokoh yang telah memakai batik Indonesia dalam acara pemerintahan, seperti halnya tokoh dunia seperti Nelson Mandela, Bill Clinton dan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

"Kita dapat turut menjaga batik tetap lestari dengan menggunakan dan membeli batik, sehingga pelaku IKM (industri kecil menengah) batik maupun pekerja seni batik kontemporer dan tradisional tetap setia dengan profesinya," ujar Saleh.

Jika ditelusuri secara lebih dekat, lanjut Saleh, batik yang menjadi World Heritage bukan terletak pada kain batiknya, melainkan melalui teknik dan prosesnya.

Saleh memaparkan, batik Indonesia memiliki beragam motif dengan esensi filosofi, desain yang menarik, dan nilai seni yang sangat tinggi, serta metode pengerjaan batik baik dengan dicetak ataupun dikerjakan dengan tangan/canting (batik tulis), yang keduanya telah menjadi ciri khas batik Indonesia yang diakui dunia.

Adapun, beberapa minggu lalu, Kementerian Perindustrian telah menggelar Lomba Desain Batik Khas Teluk Tomini, dalam rangka Sail Tomini 2015 di Parigi Moutong Sulawesi Tengah yang diikuti 150 peserta. Pada acara puncak, penghargaan diberikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya