Jadi Moderator, Aviliani 'Puasa Bicara'

VIVAnews - Pengamat ekonomi, Aviliani menjadi moderator debat calon presiden kedua bertema "Mengentaskan Kemiskinan dan Pengangguran" pada Kamis 25 Juni 2009. Diantara  para moderator, peneliti di Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) adalah satu-satunya perempuan.

Dalam diskusi bertajuk "Mengukur Efektivitas Debat Capres/Cawapres" di Dewan Perwakilan Daerah, Aviliani menceritakan persiapan yang dilakukan jelang debat capres. "Sebelum menjadi moderator debat capres bagian kedua, saya sempat mengurung diri," kata Aviliani di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Rabu 1 Juli 2009.

Yang dimaksud mengurung diri, kata Aviliani, dia tak mau menjadi pembicara di berbagai seminar selama tiga bulan sebelum jadi moderator. "Itu sebagai bagian dari "puasa bicara."  Hal itu untuk menjaga obyektivitas saya sebagai moderator," tambah dia.

Soal pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada parra kandidat, Aviliani mengaku dia membuat sendiri pertanyaan-pertanyaan itu. "Pihak televisi maupun KPU tidak tahu apa pertanyaan yang saya buat tersebut.  Dengan demikian, tidak ada campur tangan siapapun dalam menyusun pertanyaan.  Saya menyusunnya secara independen," tambah dia.

Demikian pula dengan para kandidat, Aviliani menjamin tak ada bocoran pertanyaan yang didapat pihak kandidat. Baik Megawati, SBY, maupun JK hanya tahu soal kisi-kisinya, bukan isi pertanyaan. "Memang saya ditelpon beberapa kali [oleh kubu kandidat-kandidat tersebut], tetapi soal itu tidak saya bocorkan karena hal itu menyangkut kredibilitas saya.  Saya benar-benar jaga hal itu," kata dia.

Wanita kelahiran Malang, 14 Desember 1961 ini sekarang menjadi Komisaris PT Bank Rakyat Indonesia. Ini adalah bank BUMN yang kinerjanya terus moncer hingga menggeser posisi BCA sebagai bank terbesar kedua setelah Bank Mandiri.

Seperti halnya ekonom lainnya, Aviliani kerap diundang sebagai pembicara dalam berbagai forum seminar. Dosen manajemen Universitas Paramidina ini juga aktif menulis di berbagai media. Namanya pun sering muncul di media menanggapi sejumlah isu hangat seputar ekonomi.

Ngaku Alami Kekerasan dari Mantan Pacar, Ternyata Ini Alasan Nikita Mirzani Gak Lapor Polisi
As SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo

37 Penyandang Disabilitas Daftar Rekrutmen Bintara Polri

Rekrutmen Bintara dari kelompok disabilitas merupakan yang pertama kali dilakukan Polri pada tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024