Gaya Pemberontak Pemenang Perancang Kostum Terbaik Oscar

Jenny Beavan menerima piala Oscar
Sumber :
  • REUTERS/Mario Anzuoni

VIVA.co.id - Jenny Beavan meraih piala Oscar sebagai Perancang Kostum Terbaik untuk film Mad Max: Fury Road dalam ajang Academy Awards ke-88 di Hollywood, belum lama ini. Sebelumnya, dia juga mendapat penghargaan untuk kategori serupa di Bafta Awards.

Folk N Vogue Tampilkan Busana 100% Indonesia

Beavan selalu tampil dengan gaya busana pemberontak. Bahkan, dia mendapatkan ketenaran global setelah disebut 'tas wanita' oleh Stephen Fry dalam acara Bafta Awards di London, Februari lalu. "Hanya satu desainer kostum film yang datang ke acara penghargaan, berpakaian seperti tas wanita," kata Fry saat itu.

Menanggapi hal itu, Jenny mengatakan, bahwa dia akan terlihat konyol dengan gaun yang indah. Dia memang tidak pernah bergaya sesuai aturan sejak awal karirnya, 30 tahun lalu.

Dikutip dari Daily Mail, dalam foto hitam-putih, yang diambil pada acara Oscar tahun 1987, wanita asal London berusia 65 tahun tersebut menggenakan kemeja putih longgar, blazer hitam pendek dan dasi kupu-kupu. Sebuah syal disematkan di lehernya.

Yuk Belajar Langsung Cara Bisnis Fesyen dari Dian Pelangi

Jenny merayakan kemenangannya setelah berhasil membawa pulang piala berkat film A Room With A View.

Sementara, dalam foto candid yang diambil di London pada tahun 2000 saat bekerja di film Anna and teh King of Siam, dia tampak mengenakan jaket hitam dan celana panjang polos.

Iwan Tirta Hadirkan Motif Batik Sumatera Hingga Bali

Kemudian pada tahun 2011, Jenny menghadiri pesta pra-Oscar dengan gaun berpola, kalung perak rantai dan selendang bohemian. Dia selalu menjadi pusat perhatian tanpa perlu tampil dengan busana glamor, tanpa make-up dan rambut keriting model bob berantakan.

Meski demikian, Jenny disukai dengan gaya santainya dan pakaian kerjanya yang selalu serba hitam. Dia telah bekerja di beberapa film sukses, termasuk The Bostonians, Howard End, Sense and Sensibility, Gosford Park, dan The King Speech.

Dia mendapat banyak tawaran untuk mendesain kostum dalam film karena pengetahuannya tentang sejarah kostum, politik fesyen dan cara membuat pakaian sesuai anggaran.

Tapi Jenny tetap menyesal tentang pilihan pakaiannya. "Saya cukup pemberontak dan anarkis dengan gaya bebas saya sendiri," ujarnya.

Namun, dia meyakini akan terlihat konyol dalam gaun cantik rancangan desainer, sehingga lebih memilih tampil aman, dengan menggunakan jeans rancangan Marks and Spencer dan jaket kulit.

Sementara penampilannya dalam Oscar kemarin ketika menerima piala tersebut sangat kontras dengan Cate Blanchett, yang tampak menakjubkan dengan gaun rancangan Armani Prive.

"Saya tidak menggenakan gaun cantik. Saya lebih suka melakukannya untuk orang lain. Saya suka mendesain pakaian untuk orang lain dan saya tahu bagaimana membuat mereka terlihat cantik di layar tapi saya tidak pernah tertarik mengubah penampilan untuk diri sendiri.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya