Telkomsel NextDev Junior Kembali Digelar

Telkomsel NextDev Junior 2016.
Sumber :
  • Dok: Telkomsel

VIVA.co.id – Dalam rangka melengkapi ekositem digital di kalangan remaja, Telkomsel mengumpulkan para pelajar SMA dari delapan sekolah. Melalui program NextDev Junior, para pelajar SMA itu diarahkan untuk membuat aplikasi mobile.

20 Startup Ini Dianggap Potensial oleh Telkomsel

Delapan SMA terebut berasal dari Yoyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. NextDev Junior ini merupakan bagian dari salah satu program Corporate Social Responsibilty (CSR) Telkomsel bertajuk The NextDev, yang telah dilaksanakan Telkomsel sejak 2013.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan, saat ini segmen remaja merupakan salah satu pengguna aktif internet dan berbagai aplikasi digital, yang akan membangun Indonesia di masa mendatang.

Telkomsel Bawa Virtual Reality ke Jakarta Fair 2016

"Untuk itu, melalui NextDev Junior, kami memberikan pelatihan pembuatan aplikasi mobile kepada pelajar SMA secara berkelanjutan, untuk memperkenalkan dunia aplikasi lebih dini ke segmen ini. Tentunya, ini sejalan dengan visi perusahaan untuk mengembangkan ekosistem digital berbasis aplikasi," ujar Adita melalui keterangan tertulisnya, Minggu 20 Maret 2016.

Dalam melatih pelajar SMA ini, Telkomsel melibatkan Oracle Studio dan Hicca Studio sebagai motivator dan inspirator dari pelaku industri aplikasi. Proses pelatihan NextDev Junior itu sendiri terbagi atas tiga tahapan.

Telkomsel Harap Tarif Interkoneksi Bisa Adil

Tahap pertama diawali dengan seminar bagi seluruh siswa di sekolah terpilih, yang kemudian diikuti dengan penjaringan kandidat siswa dan pelatihan bagi siswa terpilih.

"Pelatihan ini sendiri meliputi pengenalan awal aplikasi mobile, pengenalan perangkat lunak (software) untuk membuat aplikasi dan pembuatan aplikasi mobile sederhana," ujar Adita.

Pada tahap kedua, peserta dilatih untuk membuat aplikasi mobile yang dinamis berdasarkan layout, naskah, dan animasi. Lalu, pada tahap terakhir, peserta melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi mobile tersebut, untuk selanjutnya dipublikasikan, sehingga dapat diunduh atau diakses secara online oleh siswa.

Dari delapan sekolah tersebut, tak kurang dari 720 aplikasi mobile diperkirakan akan dihasilkan pada akhir program NextDev Junior ini.  Di tahap selanjutnya, akan dilakukan kompetisi antar siswa, untuk aplikasi yang telah mereka dihasilkan, yang kemudian akan diikutsertakan dalam kompetisi antar sekolah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya