Cara Hemat Liburan Keliling Dunia

Ilustrasi keliling dunia.
Sumber :
  • Halomoney.

VIVA.co.id – Pergi traveling sudah bukan menjadi suatu kegiatan perjalanan dinas bagi bos-bos dan pekerja profesional saja. Traveling saat ini sudah menjadi bagian yang terpisahkan dari lifestyle. 

Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman agar Liburan Nyaman

Sebagian orang menjadikan traveling sebagai hobi, sebagian lain menjadikan traveling sebagai sumber penghasilan uang. Namun, ada juga yang hanya sesekali memanfaatkan traveling jauh untuk sekadar melepas stres dan penat dari pekerjaan sehari-hari.

Bagi orang Indonesia, bisa pergi traveling mewah ke negara-negara nun jauh di sana merupakan impian banyak orang. Jika kamu bisa pergi travel liburan ke Eropa, Jepang, atau Amerika Serikat misalnya, maka hal yang pertama akan kamu pikirkan adalah biaya. 

Tips Liburan Keluarga Ala Tasya Kamila, Perhatian Lebih untuk Si Kecil

Ya, biaya untuk perjalanan wisata dan travel ke negara-negara yang jauh tentu setara juga dengan ongkos perjalanannya. 

Pertanyaannya, apakah mungkin untuk melakukan perjalanan tersebut tapi tidak terlalu berat dari segi biaya? Tidak perlu menjadi pesimis, ada beberapa strategi cerdas untuk berhemat besar untuk perjalanan travel mewah tersebut. Nah, simak beberapa strateginya:

Agar Tak Kelelahan, Ini Tips Menyusun Itinerary saat Liburan

1. Pesat paket wisata atau manfaatkan tiket terusan

Saat melakukan perjalanan wisata, tentu kamu ingin mengunjungi berbagai objek wisata seperti museum atau taman hiburan. Nah, coba periksa agen yang menawarkan paket perjalanan atau tiket terusan untuk mengunjungi beberapa objek wisata. Bandingkan dengan kamu membeli masing-masing tiket masuk, harga yang kamu keluarkan akan jauh lebih sedikit.

Baca juga: Transaksi Kartu Kredit ‘Diintip’ Ditjen Pajak, Perlu Takut Gak Sih?

2. Nikmati makanan khas penduduk lokal

Makanan lokal, selain menjadi ciri khas dari negara tujuan, juga cenderung memiliki harga yang jauh lebih murah daripada makan di restoran mewah. 

Kecuali ada restoran yang menjadi tempat tujuan wajib dikunjungi di negara tersebut, sebaiknya kamu manfaatkan rumah makan yang menjual makanan-makanan lokal untuk mendapatkan harga bersahabat.

3. Cari akal untuk mendapatkan akomodasi murah atau gratis!

Penginapan merupakan salah satu biaya terbesar dalam budget travel. Nah, bagaimana cara mendapatkan akomodasi gratis, kalau kita tidak punya kenalan keluarga di salah satu negara tujuan? Cobalah gunakan fasilitas Couchsurfing!

Beberapa penduduk di negara tujuan menawarkan turis tempat tinggal gratis. Namun, tentunya kamu perlu mengetahui norma dan aturan di negara tersebut. 

Selain itu, jadilah tamu yang sopan dengan membawakan makanan atau barang khas Indonesia. Kalau beruntung, mereka juga dapat menawarkan diri untuk mengajak kamu berkeliling.

Baca juga: Cari Inspirasi Kesuksesan? Simak 5 Remaja Terkaya di Dunia ini!

4. Gunakan program airmiles

Tiket pesawat juga dapat dihemat! Tiket dan layanan penerbangan lain dapat dinikmati gratis dengan ditukar oleh poin Airmiles. Jumlah poin yang dibutuhkan tentu akan berbeda-beda tergantung dari maskapai penerbangan yang digunakan serta tujuan dan kelas pesawat.

Poin Airmiles dapat kamu kumpulkan dengan mengikuti program loyalitas pelanggan dari maskapai bersangkutan, atau kamu juga bisa memanfaatkan fitur kartu kredit yang dikhususkan untuk Airmiles! 

Jadi, kalau kamu belanja dengan kartu kredit tersebut, kamu bisa mengumpulkan poin Airmiles sedikit demi sedikit hingga cukup untuk ditukar dengan tiket pesawat.

Baca juga: Aktif Traveling? Simak 6 Cara Jitu Beli Tiket Pesawat Kelas Bisnis Harga Ekonomis!
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya