Intip Kapal Tenaga Matahari Karya Mahasiswa UI

Kapal tenaga matahari karya mahasiswa UI
Kapal tenaga matahari karya mahasiswa UI
Sumber :
  • Universitas Indonesia

VIVA.co.id – Mahasiswa Indonesia kembali menghasilkan karya inovatif. Tim Solar Boat Team (SBT) mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) berhasil membuat kapal tenaga matahari yang dinamakan kapal Jayasatria Garuda (Jagur). 

Pada Senin 9 Mei 2016, kapal Jagur buatan mahasiswa itu diluncurkan dan pamer kemampuan di Danau Kenanga Kampus Depok UI. Kapal Jagur itu akan membawa nama Indonesia dalam ajang internasional di Belanda, Internasional Dutch Solar Challenge pada 30 Juni–9 Juli 2016.

Dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA.co.id, kapal Jagur tersebut mengusung konsep sumber energi terbarukan dan teknologi ramah lingkungan dengan menggunakan tenaga matahari sebagai penggerak kapal. 

Menariknya, tim SBT tidak meninggalkan sentuhan lokal pada kapal ramah lingkungan tersebut. Kapal ini mengombinasikan model kapal tradisional Indonesia yang menggunakan 'cadik' atau hull samping.

“Kami yakin kombinasi desain kapal tradisional Indonesia dan pengembangan hull design yang digunakan untuk Dutch Solar Challenge, akan menghasilkan kapal yang ringan, bermanuver baik dan rendah resistensinya," kata salah satu anggota SBT, Pradhana Sadhu.  

Kapal Jagur tersebut punya panjang 6 meter serta berat 25 kilogram. Dengan sokongan solar panel 260 Watt-Peak (WP) membuat kapal Jagur mampu mencapai efisiensi solar panel sebanyak 20 persen.

Direktur Kemahasiswaan UI, Arman Nefi, menyampaikan kebanggaannya atas prestasi para mahasiswa UI dalam menciptakan beragam karya inovatif. Ia mengharapkan keikutsertaan para tim pembuat kapal inovatif dari UI ini mampu memperkenalkan kapal khas Indonesia dalam kontes internasional serta meningkatkan citra Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.