Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Ini Sukses Menang Kompetisi

Mobil Listrik Karya Anak Bangsa dari mahasiswa UGM
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Dalam pameran otomotif bernama Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2022 yang sedang berlansung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, ada beberapa mobil listrik hasil karya anak bangsa.

Tak Banyak Tombol Fisik di Cloud EV, Ini Kata Wuling

Salah satunya karya dari mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Mereka berhasil menciptakan mobil listrik yang diberi nama SS EV-3 EVO, dengan menampilkan performa dan akselerasi yang baik.

Technical Leader Yacaranda UGM, Tri Agus Anggoro mengatakan kendaraan listrik ini dibuat oleh 27 tim yang berasal dari beberapa fakultas, dengan tugas berbeda. Jurusan yang merancang kendaraan ini mulai dari Teknik Mesin, Elektronika, hingga Ekonomi dan Bisnis.

Cicipi Mobil Listrik Seres E1 Harga Rp100 Jutaan, Enak dan Gak Sempit

Mobil listrik karya anak bangsa ini hadir di PEVS 2022

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

“Jadi untuk kami sendiri itu terbagi menjadi dua tim besar. Pertama manajer yang mengurus finance dan kemudian untuk bagian teknis yang mengurus mesin, desain, hingga elektrikal,” ujarnya kepada VIVA di lokasi, Selasa 26 Juli 2022.

Gara-gara Ini Tesla Bukan Saingan BYD di Indonesia

Agus menjelaskan, asal mula terbentuknya tim ini bernama Yacaranda yang terinspirasi dari nama jalan di kampusnya. Untuk awal berdiri tim ini dimulai di tahun 2016 dengan hasil riset dan produk pertama mereka SS EV-1.

“Mungkin sedikit gambar dari tim kami itu adalah nama di satu jalan daerah teknik mesin. Awal berdiri tim kami di tahun 2016 hingga sampai sekarang masih memproduksi kendaraan listrik untuk ajang lomba,” tambah Agus.

Secara spesifikasi, kendaraan SS EV-3 EVO ini memiliki dimensi panjang 232 cm dengan lebar 123 cm dan tinggi 100 cm. Untuk sasis yang digunakan adalah STKM 12 grade A. Mobil ini menggunakan energi baterai dan dinamo listrik.

“Dari spesifikasi sendiri untuk mobil kami menggunakan baterai lithium polimer 48 V. Untuk bodi, mobil ini menggunakan material fiber glass agar ringan. Untuk desain juga ditambahkan Catalyst dan Resin,” jelasnya.

Untuk keunggulan sendiri, mobil formula banyak macam, salah satunya mampu berakselerasi cepat. Hal itu dibuktikan oleh mereka dengan memenangkan berbagai lomba, salah satunya di pameran IIMS atau Indonesia International Motot Show 2022.

“Keunggulan dari mobil ini beragam macam, kemarin kami memenangkan di kompetisi mobil listrik di Indonesia dengan daya tanjak, dan memenangkan akselerasi di IIMS 2022, kompetisi formula student campaign,” ungkap Agus.

Sebagai tambahan informasi, kendaraan anak bangsa ini rencananya akan dilombakan di kompetisi KMLI, yang diselenggarakan di Politenik Negeri Bandung. Untuk rencana ke depannya, mereka akan membuat mobil listrik terbaru sekalian meriset di bidang mobil hemat energi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya