Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Ini Sukses Menang Kompetisi

Mobil Listrik Karya Anak Bangsa dari mahasiswa UGM
Mobil Listrik Karya Anak Bangsa dari mahasiswa UGM
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Dalam pameran otomotif bernama Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2022 yang sedang berlansung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, ada beberapa mobil listrik hasil karya anak bangsa.

Salah satunya karya dari mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Mereka berhasil menciptakan mobil listrik yang diberi nama SS EV-3 EVO, dengan menampilkan performa dan akselerasi yang baik.

Technical Leader Yacaranda UGM, Tri Agus Anggoro mengatakan kendaraan listrik ini dibuat oleh 27 tim yang berasal dari beberapa fakultas, dengan tugas berbeda. Jurusan yang merancang kendaraan ini mulai dari Teknik Mesin, Elektronika, hingga Ekonomi dan Bisnis.

Mobil listrik karya anak bangsa ini hadir di PEVS 2022

Mobil listrik karya anak bangsa ini hadir di PEVS 2022

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

“Jadi untuk kami sendiri itu terbagi menjadi dua tim besar. Pertama manajer yang mengurus finance dan kemudian untuk bagian teknis yang mengurus mesin, desain, hingga elektrikal,” ujarnya kepada VIVA di lokasi, Selasa 26 Juli 2022.

Agus menjelaskan, asal mula terbentuknya tim ini bernama Yacaranda yang terinspirasi dari nama jalan di kampusnya. Untuk awal berdiri tim ini dimulai di tahun 2016 dengan hasil riset dan produk pertama mereka SS EV-1.

“Mungkin sedikit gambar dari tim kami itu adalah nama di satu jalan daerah teknik mesin. Awal berdiri tim kami di tahun 2016 hingga sampai sekarang masih memproduksi kendaraan listrik untuk ajang lomba,” tambah Agus.