Menteri Perdagangan: Pertumbuhan Ekonomi RI Bakal Membaik

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas Trikasih Lembong.
Sumber :
  • viva.co.id/Chandra G. Asmara

VIVA.co.id – Pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal I-2016 tercatat mencapai 4,92 persen, meningkat dibandingkan kuartal I-2015 yang tumbuh sebesar 4,73 persen, namun justru turun jika dibandingkan dengan capaian pada kuartal IV-2015 yang mencapai 5,04 persen.

Jelang Pertemuan The Fed, Bursa AS Merosot

Menteri Perdagangan, Thomas Trikasih Lembong, mengatakan meskipun capaian pertumbuhan di tiga bulan pertama tahun ini sedikit mengecewakan, namun tren geliat aktivitas ekonomi dalam negeri sudah cukup mengalami perbaikan, meski bergerak cenderung melambat.

“Ekspor non migas kita tahun lalu turun 14 persen. Tapi, sekarang penyusutannya empat sampai dengan enam persen. Memang belum kembali ke arah positif, tapi minimal tren sudah membaik,” kata Tom, sapaan akrab Thomas, saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis, 12 Mei 2016.

FITRA: Kinerja Keuangan Pemerintah 2015 Paling Buruk

Menurut Tom, menurunnya kontraksi terhadap kinerja perdagangan dalam negeri menjadi satu indikator yang menyatakan, bahwa tren perekonomian nasional mulai membaik. Namun, meski begitu kewaspadaan terhadap ekonomi global pun tak bisa dipinggirkan.

Terlepas dari semua hal itu, dia tetap menatap optimistis bahwa perekonomian nasional akan jauh lebih baik. Apalagi, siklus ekonomi Amerika Serikat pun diproyeksikan semakin membaik pada tahun ini. 

Bank Dunia: Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh 5,1 Persen

“Itu akan mulai meningkatkan impor AS dari Asia, termasuk Indonesia,” tegas dia.

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono.

SBY Minta Pemerintah Tak Cuma Sibuk Urus Harga Daging

Namun, bagaimana meningkatkan daya beli rakyat.

img_title
VIVA.co.id
11 Juni 2016