Ketahui Gejala Awal Kanker Payudara

Ilustrasi Peduli kanker payudara
Sumber :

VIVA.co.id – Kanker payudara merupakan momok yang menakutkan bagi kaum wanita. Meski demikan, banyak wanita yang masih kurang peka dengan penyakit tersebut. Biasanya, mereka mengetahui telah mengidapnya setelah kanker berada pada stadium lanjut. 

Terapi Pengobatan Efektif untuk Kanker Payudara

Untuk menghindari hal tersebut sangat dianjurkan bagi para wanita melakukan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari). Pemeriksaan ini sangat penting untuk mendeteksi kemungkinan munculnya kanker payudara.

Ada beberapa tanda bahwa Anda mengalami kanker payudara, seperti timbulnya benjolan di sekitar payudara yang dapat mengganggu. Ini merupakan salah satu ciri atau tanda paling awal yang harus diperhatikan. 

Penjelasan Ilmiah Hamil dan Menyusui Cegah Kanker Payudara

"Untuk mengetahui tanda awal adalah merasakan hadirnya benjolan di daerah ketiak atau sekitar payudara. Setelah itu keluarnya cairan dari puting payudara seperti nanah atau darah," ujar Madelin Mutia, mantan penderita kanker payudara sekaligus founder Komunitas Love Pink saat ditemui di Jakarta Pusat, Sabtu, 28 Mei 2016.

Hal lain yang perlu dicermati adalah saat mendapati tekstur payudara yang tidak rata, perubahan warna kulit, puting masuk ke dalam dan rasa sakit di bagian ketiak dan penebalan payudara di bawah ketiak.

Payudara Besar Lebih Berisiko Terkena Kanker?

Jika Anda mengalami keanehan dalam salah satu tanda dan sudah mengganggu aktivitas, sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter.

(mus)

Nunung Srimulat

Nunung Srimulat Bugar Kembali, Proses Pengobatan Selesai

Kondisi Nunung Srimulat kini semakin sehat. Meski proses pengobatan selesai, Nunung tetap wajib melakukan kontrol ke dokter. Seperti apa kisahnya?

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024