Tips Agar Kulit Tetap Sehat Selama Ramadan

Jangan lupa asupan air putih, jus atau smooties.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Merawat kecantikan wajib hukumnya bagi wanita, apalagi di bulan puasa. Sebab, kurangnya cairan dan zat lain yang dibutuhkan tubuh bisa memberi efek kurang baik bagi kulit.

Tips Simpan Bahan Makanan di Kulkas dan Cara Menghangatkannya

Adapun masalah kulit yang tiba-tiba bisa menyerang saat bulan Ramadan, di antaranya jerawat, kering dan tampak kusam. Kondisi itu menunjukkan tanda-tanda dehidrasi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lantaran berikut ini ada tips dan trik terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat selama Ramadan, seperti dikutip dari Emirates Women.

Tips Bijak Hadapi Promo Saat Ramadan Supaya Tak Boros

Minum banyak air

Selama Ramadan, Anda perlu minum air sebanyak mungkin, idealnya dua liter sehari untuk menghindari dehidrasi pada kulit. Sebab, dehidrasi dapat menyebabkan kulit Anda terlihat lelah, kusam, dan kering.

Berkumur dan Sikat Gigi Bikin Puasa Batal?

Karena itu, pastikan Anda minum cukup air dan mengonsumsi jus buah alami serta teh herbal. Dan jika berbuka puasa, sebaiknya konsumsi air sebanyak mungkin untuk memenuhi cairan dalam tubuh.

Pakai pelembap

Memakai pelembap kulit selama Ramadan sangat penting. Anda harus memastikan bahwa Anda menerapkan krim dan losion yang menghidrasi kulit serta wajah setelah mandi maupun sebelum tidur. Jika Anda akan keluar rumah, cobalah untuk membawa pelindung, seperti topi dan payung serta memilih krim harian yang mengandung SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Anda juga disarankan membawa air mawar untuk membantu mendinginkan dan menghidrasi kulit.

Hindari make-up tebal

Hindari memakai banyak make-up pada siang hari ketika Anda berpuasa, seperti foundation dan concealer tebal. Kombinasi dari panas, dehidrasi dan make-up yang tebal dapat menyebabkan jerawat. Sebaiknya, pilih produk kosmetik dan pelembap yang ringan, seperti krim dan lip balm dengan kandungan SPF.

Makan sehat

Selama sahur dan buka puasa, pastikan Anda memilih sayuran, seperti wortel, brokoli, selada, dan bayam sebagai vitamin serta mineral yang dibutuhkan kulit Anda. Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan dan buah-buahan, seperti stroberi dan blueberry, yang mengandung antioksidan.

Jangan lupa untuk mengonsumsi kurma, karena memiliki sumber vitamin A, zat besi, kalium, magnesium, dan kalsium. Zat tersebut dapat membantu mencerahkan kulit Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya