Siasat Santap Sehat di Hari Raya Idul Fitri

Ilustrasi hidangan Lebaran.
Sumber :
  • Pixabay/sharonang

VIVA.co.id – Lebaran identik dengan deretan hidangan istimewa buatan rumah yang tentu saja sayang jika dilewatkan. Apalagi Anda baru saja menyudahi puasa Ramadan sebulan penuh. Pasti menyantap hidangan-hidangan tersebut adalah hal yang paling ditunggu-tunggu.

Yuk Coba, Tips Makan Mi Instan Sehat Cegah Hipertensi

Hal itu tak jarang membuat banyak orang yang justru mengalami masalah pencernaan dan meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya.

Nah, untuk tetap sehat di Hari Raya Idul Fitri, simak tips-tipsnya berikut ini, seperti dilansir dari Education Board Results BD.

Tetap Sehat Meski Suka Makan Fast Food, Begini Caranya

Hindari makanan berlemak dan mengandung gula tinggi

Pastikan Anda menghindari makanan yang mengandung kadar lemak dan gula yang tinggi. Tak hanya meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menyebabkan sejumlah penyakit, makanan-makanan ini juga sering menyebabkan masalah pencernaan.

Tips Simpan Bahan Makanan di Kulkas dan Cara Menghangatkannya

Itu karena makanan tinggi lemak dan gula dicerna lebih lama di dalam tubuh dan berada di dalam perut dalam periode waktu yang lebih lama. Ini mengakibatkan gangguan lambung, perut kembung, masalah pencernaan dan mulas.

Untuk itu, Anda harus memulai hari Lebaran dengan mengonsumsi makanan normal dan ringan. Jangan lupa pilih makanan sehat yang mudah dicerna di dalam perut.

Jaga porsi dan makan lebih sering

Cobalah untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil. Meski begitu, Anda bisa makan lebih sering. Itu adalah cara terbaik agar perut mencerna makanan dengan baik dan menstimulasi metabolisme. Pastikan pula Anda membatasi waktu makan setiap tiga hingga empat jam.

Pilih metode memasak yang sehat

Daripada menggoreng makanan dan memasak hidangan pedas, Anda bisa memilih metode masak lain yang lebih sehat, seperti merebus, membakar, memanggang atau mengukus. Jangan lupa tambahkan rempah dan bahan-bahan herbal yang menyehatkan. Ingat agar tidak terlalu lama memasak sayuran dan ikan karena suhu panas yang berlebihan akan menghilangkan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Gunakan bahan-bahan yang segar dan menyehatkan

Sebelum memasak hidangan olahan daging, pilih potongan daging yang segar dan tanpa lemak. Selain itu, untuk membuat hidangan pencuci mulut manis, Anda juga harus menghindari pemakaian gula dan susu kental manis yang berlebihan. Anda juga bisa memilih pemanis alami, seperti madu dan buah-buahan.

Konsumsi lebih sedikit garam

Apapun makanan yang Anda masak, pastikan untuk tidak menggunakan banyak garam. Anda bisa menyiasatinya dengan menambah rempah-rempah, seperti thyme, peterseli, rosemary, merica, ketumbar dan air perasan jeruk lemon. Seluruh bahan-bahan tadi kaya akan antioksidan, mineral, vitamin, minyak esensial dan beberapa diantaranya juga mengandung zat antibakteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya