Dua Gaun Ikonik Putri Diana Laku Dilelang Rp1,7 Miliar

Gaun Putri Diana
Sumber :
  • Vintage Fashion and Art

VIVA.co.id – Barang bekas atau tidak terpakai, harganya bisa melonjak tinggi bila pernah dipakai oleh pesohor dunia. Sebut saja dua gaun ikonik Putri Diana yang laku dilelang dengan nilai Rp1,7 miliar.

Ketika Maternity Dress Kate Middleton Mirip Putri Diana

Pertama, sebuah dress coat warna hijau dengan gaya tahun 1980-an milik Putri Diana yang dibuang ke pusat barang bekas di Inggris berhasil terjual di rumah lelang, dengan harga Rp172 juta.

"Itu adalah penjualan besar, dan tentu saja saya senang," kata rumah lelang Kerry Taylor usai menggelar lelang bertajuk Passion for Mode di London, seperti dilansir dari People.

Pameran Mengenang Busana Ikonik Putri Diana Siap Digelar

Mantel dari bahan wol tartan bermotif kotak-kotak tersebut merupakan rancangan Elizabeth Emmanuel. Mantan istri Pangeran Charles tersebut mengenakannya saat melakukan kunjungan ke Venesia pada tahun 1985.

Dress coat Putri Diana

Putri Diana Jadi Inspirasi Retail Fesyen Inggris

Gaun mantel ini dipamerkan kali pertama bersama dengan gaun sequin mewah rancangan salah satu perancang busana favorit Diana, Catherine Walker, yang berhasil dilelang dengan harga Rp1,53 miliar. Kedua gaun tersebut dibeli oleh sebuah institusi di Inggris, yang namanya tidak ingin disebut. Kedua gaun ini memiliki sejarah berbeda.

Gaun pertama dikenakan ibunda Pangeran William dan Harry saat ke Venesia bersama dengan Pangeran Charles dan dua putranya. Gaun ini kurang mendapat ulasan positif, dan sempat dibuang ke pusat barang bekas di Hampshire setelah istana tidak menginginkan busana tersebut.

Sementara gaun panjang sequin warna hijau rancangan Catherine Walker dibuat tanpa membutuhkan persetujuan Diana lantaran dia sangat mempercayai hasil rancangan gaun desainer asal Prancis tersebut. Walker telah membuat ratusan gaun indah untuk kerajaan selama hidupnya.

Gaun yang dirancang untuk kunjungan Putri Diana ke Austria pada tahun 1986 tersebut telah dipakai Diana dalam beberapa kesempatan, termasuk saat mendatangi pemutaran perdana film Biggles pada tahun 1993.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya