Popularitas Batik Meningkat di Industri Fesyen Dunia

desa wisata Giriloyo, desa batik tulis
Sumber :
  • V

VIVA.co.id – Desain motif di dunia fesyen sedang disukai. Mulai Valentino, Burberry Prorsum dan Diane von Furstenberg hingga Stella Mccartney, Edward Hutabarat dan lainnya sering menampilkan koleksi busana bermotif di sejumlah panggung mode nasional hingga internasional.

Feminin Hingga Sporty, Inspirasi Gaya Batik Keren Ala Tiga Seleb

Meskipun rancangan mereka memiliki sedikit keterkaitan satu dengan lainnya dalam hal inspirasi dan kepekaan desain, namun mereka memiliki satu kesamaan, yakni batik. Mulai dari desain aneh hingga nyaman, istimewa hingga motif bunga api, geometris hingga terinspirasi rakyat, revolusi motif batik menjadi terkenal saat ini.

"Batik merupakan seni dan kerajinan. Popularitasnya tumbuh di Barat, karena media sangat kreatif memperkuat daya tarik fesyen timur ke seluruh dunia," kata desainer Rashmi Srivastava, seperti dilansir dari Deccan Chronicle.

Kecenya Jaket Bomber Etnik Kolaborasi Indra Bekti-Anne Avantie

Batik adalah seni mempercantik kain, dengan menggunakan lilin dan pewarna, yang telah dipraktikkan selama berabad-abad, terutama di wilayah Indonesia. Indonesia merupakan  penghasil beberapa kain batik terbaik di dunia.

Kata batik berasal dari bahasa Jawa, yakni tik yang berarti titik. Pola batik di tiap daerah berbeda-beda, di mana kain digambar dengan lilin panas, yang kemudian dicelup. Bagian yang tertutup lilin akan mempertahankan warna asli kain.

Ferry Sunarto Pamerkan Kebaya Rasa Internasional

Proses waxing dan pencelupan dapat diulang untuk menciptakan desain yang lebih rumit dan berwarna-warni. Setelah pencelupan akhir, lilin akan hilang dan kain menjadi batik, yang siap ditampilkan.

Tidak ada aturan baku untuk menciptakan tren fesyen batik, misalnya diterapkan sebagai atasan, celana, ikat pinggang hingga gaun. Namun pakian motif batik dapat dikombinasikan dengan busana lainnya, seperti crop top batik dengan celana high-waisted, celana flare batik dengan rompi jersey dan syal yang kontras, atau menggunakan cape batik dengan atasan polos dan celana panjang putih, merah, fuschia dan lainnya.

Untuk melengkapi tampilan, bisa menambahkan aksesori seperti manik-manik, perhiasan batuan warna-warni. Selain itu, mutiara dan aksesoris kayu juga akan sangat cocok dipadukan dengan pola batik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya