Ferry Sunarto Pamerkan Kebaya Rasa Internasional

Kebaya karya Ferry Sunarto
Sumber :
  • VIVA/Rintan Puspitasari

VIVA – Nama besar desainer Ferry Sunarto tak bisa dipisahkan dari kebaya. Usai kemarin Kamis, 26 April 2018 mengeluarkan koleksi batik ready to wear bergaya Jepang, kini dalam acara Inspirasi Kebaya Indonesia, Ferry kembali menghadirkan beberapa koleksi kebaya terbarunya yang bergaya lebih formal. 

Feminin Hingga Sporty, Inspirasi Gaya Batik Keren Ala Tiga Seleb

Acara yang digagas oleh Perhimpunan Kebayaku, yang didirikan oleh Nunun Daradjatun, ini menampilkan delapan kebaya karya Ferry Sunarto, serta 11 kebaya koleksi pribadi dari anggota Perhimpunan Kebayaku. Ferry, yang turut hadir mengisi acara sharing session, menceritakan kecintaannya pada kebaya yang akhirnya bisa membawanya hingga dikenal ke negeri seberang. 

"Kebaya adalah busana nasional, dan bukan hanya busana nasional, saya melihat berbagai negara Asia. Anggaplah Tiongkok, Korea, Jepang, Vietnam, mereka sangat menghargai busana nasional mereka dan menurut saya Indonesia enggak kalah cantik," kata Ferry di Pullman Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 27 April 2018.  

Kecenya Jaket Bomber Etnik Kolaborasi Indra Bekti-Anne Avantie

Hebatnya lagi, diungkapkan Ferry, kebaya bukan hanya busana nasional tapi pemersatu nasional. "Ini yang jadi daya tarik saya untuk berbuat sesuatu untuk kebaya. Kebaya ini merupakan sejarah bangsa dan harus dikembangkan," ucapnya. 

kebaya karya Ferry Sunarto

Pesona Batik Indonesia Pukau Warga Italia

Ferry menginginkan kebaya bisa menjadi inspirasi dalam runway internasional. Ia pun berusaha agar kebaya bukan hanya dinikmati atau dimiliki bangsa Indonesia, tapi jadi inspirasi dunia. 

"Ini jadi PR (pekerjaan rumah) saya di mana pun saya pergi. Tugas saya hanya satu membawa citra kebaya Indonesia, bisa internasional," ucapnya. 

kebaya karya Ferry Sunarto

Warna-warna pastel yang digunakannya dalam pagelaran kali ini menjadi ciri khas Ferry dalam menciptakan kebaya. 

"Bagi saya kebaya itu klasik, focus statement saya ingin mengembangkan inspirasi kebaya, sophisticated, menampilkan lebih light, kekinian, semua orang bisa pakai."
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya