Ternyata Olahraga 10 Menit Hasilnya Sama dengan 1 Jam

Ban lengan olahraga BodyMedia FIT
Sumber :
  • facebook.com/BodyMediaFIT

VIVA.co.id – Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu dan malas untuk berolahraga, artikel berikut ini mungkin cukup melegakan. Kini dengan waktu 10 menit saja berolahraga, Anda bisa mendapatkan hasil yang sama dengan berolahraga selama 50 menit. Bagaimana bisa?  

Tips Olahraga saat Puasa Agar Tetap Bugar dan Enggak Batal

Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakukan oleh McMaster University membuktikan bahwa olahraga intens dalam waktu singkat dapat memberikan hasil yang sama dengan olahraga konvensional dengan durasi yang lama.

Penelitian tersebut, membuktikan bahwa berolahraga 10 menit, dengan durasi tiga kali seminggu, selama 12 minggu dengan gerakan intensif selama 60 detik, ternyata memiliki efek yang sama dengan melakukan olahraga 50 menit dengan gerakan ringan.

Berolahraga saat Sedang Puasa? Kenapa Tidak

Selain itu, gerakan olahraga intens seperti lari di tempat, atau sterching selama 60 detik yang dilakukan selama 10 menit dapat meningkatkan sensivitas insulin dan kebugaran kardiorespirasi, atau optimalnya fungsi kerja jantung, paru-paru, dan pembuluh darah dalam menyalurkan oksigen dalam proses metabolisme tubuh.

Shane Collins, pendiri Kobox pusat kebugaran di King’s Road Inggris, mengungkapkan alasan dilakukannya penelitian tersebut.

Obat Mujarab Usir Lemas dan Ngantuk Saat Puasa

“Penelitian ini dilakukan, karena alasan kurangnya waktu yang sering menjadi kendala orang-orang tidak berolahraga. Penelitian ini sudah pernah dilakukan sebelumnya hingga mencetuskan istilah HIIT (High Intensity Interval Training) yang saat ini banyak dilakukan,” ujar Collins seperti dikutip laman Dailymail. Diketahui, Kobox menjadi langganan penyanyi Cheryl dan Ellie Goulding.

Salah satu gerakan yang direkomendasikan oleh Collins adalah squat jump (lompatan), atau bisa juga berlari di tempat dengan mengangkat lutut Anda setinggi-tingginya, saat Anda mendapatkan keseimbangan kemudian lakukan gerakan meninju. Latihan ini bisa menjadi cara yang lebih menyenangkan untuk membentuk perut Anda. Terakhir, Anda dapat melakukan gerakan yang punya intensitas sangat tinggi, misalnya seperti burpees.

Selain durasi yang singkat, ternyata menambahkan kecepatan pada gerakan olahraga tersebut juga bisa memberikan manfaat lebih, salah satunya dapat memberikan kekuatan pada serat otot. Selain itu, Collins menambahkan, olahraga ini juga dapat meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru, sehingga seluruh organ tubuh Anda bekerja lebih baik, dan tentunya lebih efisien. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya