Tujuh Cara Olahraga yang Tepat Selama Puasa

Wanita olahraga.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Saat Ramadan, tidak hanya pola makan yang berubah, tapi banyak juga yang  menghilangkan sama sekali kebiasaan sehat seperti berolahraga. Padahal tidak berolahraga justru akan mengurangi kebugaran tubuh Anda selama puasa. 

Tips Olahraga saat Puasa Agar Tetap Bugar dan Enggak Batal

Menurut ahli kebugaran, melakukan olahraga ringan selama 20-30 menit akan menambah energi selama puasa dan Anda juga akan merasa lebih segar.

Selama Ramadan, yang harus Anda lakukan adalah mengatur waktu untuk berolahraga. Saat berbuka misalnya, minum dan makan buah-buahan secukupnya kemudian istirahat satu jam sebelum Anda memulai berolahraga. Setelah itu, beri waktu 45 menit sampai satu jam sebelum Anda makan menu lengkap.

Berolahraga saat Sedang Puasa? Kenapa Tidak

Untuk membantu Anda tetap merasa bugar selama Ramadan, berikut beberapa tips berolahraga seperti dilansir laman Boldsky.

Jangan berolahraga saat puasa

Obat Mujarab Usir Lemas dan Ngantuk Saat Puasa

Tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga saat puasa ketika perut kosong. Hal ini justru akan mengakibatkan energi Anda terkuras habis dan membuat badan bertambah lemas.

Waktu terbaik

Durasi berolahraga yang baik adalah 20-30 menit dan dilakukan satu jam setelah Anda berbuka dengan minum dan makan secukupnya.

10 menit olahraga kardio

Melakukan olahraga jalan kaki, bersepeda, atau menggunakan treadmill selama 10 menit akan membantu menambah stamina Anda dan juga membakar kalori tubuh.

10 menit peregangan

Selama berpuasa, biasanya otot menjadi kaku. Melakukan peregangan selama 10 menit dapat membuat tubuh menjadi lebih fleksibel dan juga mendetoksifikasi tubuh.

10 menit olahraga bebas

Tidak perlu pergi ke pusat kebugaran untuk berolahraga saat Ramadan. Anda bisa melakukan olahraga bebas yang ringan di lantai seperti squat atau push up di rumah. Gerakan ini dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih fleksibel.

Lakukan olahraga dengan intensitas ringan

Berlari atau mengangkat beban harus dihindari selama Ramadan. Lebih baik lakukan olahraga ringan dengan intensitas rendah yang bisa menambah stamina serta membakar kalori Anda.

Yoga dan meditasi

Selain olahraga reguler lainnya, yoga dan meditasi juga bisa menjadi pilihan tepat, karena bisa membantu proses detoksifikasi dan menambah kekuatan dalam tubuh. Selain itu, olahraga ini bisa menambah stamina seharian. (one)

Laporan: Adinda Permatasari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya