Mengungkap Bahaya dan Manfaat Baking Soda Bagi Kecantikan

ilustrasi baking soda atau soda kue
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mendapatkan kulit cantik dan mulus ternyata tidak harus selalu dengan perawatan atau krim mahal. Bahan-bahan yang ada di sekitar Anda pun punya khasiat yang tak kalah menakjubkan untuk kecantikan kulit. Salah satunya adalah baking soda.

Buat Sampo dari Baking Soda, Hasilnya Menakjubkan

Baking soda diketahui punya segudang manfaat bagi kecantikan. Tidak hanya bagi kulit, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala Anda.

Tapi, meski memiliki manfaat yang tidak bisa diremehkan, menggunakan baking soda sebagai bahan kecantikan tidak bisa Anda lakukan begiu saja. Sebelum menggunakannya untuk perawatan, lakukan dulu tes, karena penggunaan baking soda yang tidak sesuai dapat mengakibatkan kerusakan kulit dan rambut, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Tren Alis Mata Korea Masih Diminati Tahun Depan

Baking soda diketahui memiliki kandungan antibakteri, antiperadangan, dan dapat mengusir jamur yang berguna untuk mengatasi masalah kulit Anda. Meski demikian, Anda juga harus tahu seberapa banyak yang bisa Anda gunakan.

Dalam setiap produk perawatan wajah, biasanya sejumput sodium bikarbonat sudah cukup memenuhi manfaat kecantikan baking soda yang Anda butuhkan.

Eksperimen Lily Collins dengan Tren Kecantikan Korea

Lantas, apa saja manfaat baking soda yang bisa Anda dapatkan? Berikut daftarnya seperti dikutip laman Boldsky.

1. Mencegah jerawat
Jerawat menjadi masalah kulit yang paling mengganggu dan sering meninggalkan bekas yang bisa merusak penampilan. Daripada menggunakan produk yang mengandung bahan kimia, lebih baik gunakan baking soda. Kandungan antiperadangan dan antiseptiknya efektif melawan jerawat dan memuluskan lagi kulit wajah Anda dalam dua minggu.

2. Mengusir komedo
Baking soda dapat mengurangi kelebihan minyak di wajah sehingga membuat komedo pun tidak muncul. Selain itu, baking soda juga bisa membuat kulit di sekitar daerah berkomedo menjadi lebih halus.

3. Mengobati kulit yang terbakar matahari
Menggunakan pelindung matahari atau tabir surya tidak selalu menjamin kulit Anda bebas dari sengatan matahari yang menyebabkan kulit terbakar. Selalu sediakan baking soda ukuran kecil dalam tas, jika kulit terasa gatal dan seperti terbakar segera oleskan baking soda yang dapat menenangkan kulit Anda.

4. Mencerahkan warna kulit Anda
Perlu digarisbawahi bahwa baking soda tidak bisa memutihkan kulit. Tapi, baking soda merupakan bahan eksfoliasi yang baik yang dapat menjaga warna kulit Anda tetap cerah dan segar. Karena baking soda dapat membuat kulit Anda kering, maka campurkan dengan minyak zaitun dan lemon.

5. Mengobati iritasi dan ruam kulit
Baking soda sangat kaya akan antiseptik dan anti peradangan, jadi bisa digunakan sebagai obat untuk iritasi, ruam, kemerahan, dan bengkak pada kulit. Untuk hasil yang cepat, buat baking soda menjadi pasta dengan mencampurkannya dengan air. Kemudian oleskan pada area yang terkena iritasi.

6. Scrub wajah
Saat membuat scrub dengan bahan apa pun, tambahkan juga sejumput baking soda. Pijat kulit Anda dengan lembut dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilas menggunakan air suam kuku dan Anda akan mendapatkan wajah yang lebih segar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya