PSM ITB Wakili RI dalam Kompetisi Paduan Suara di Italia

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id – Lagu rakyat Indonesia akan bersaing di tingkat internasional. Lagu tersebut akan dibawakan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Teknologi Bandung (ITB) mewakili Indonesia dalam ajang Florence International Choir Festival di Florence, Italia, 20-22 Juli 2016.

Paduan Suara Gerejawi Digelar di DIY, Disiplin Prokes Ketat Diterapkan

Kompetisi tersebut diikuti 11 peserta dari berbagai negara. Ajang ini merupakan program dua tahunan, Cultural Tour dari PSM ITB.

Music Director PSM ITB, Adi Nugroho menjelaskan, pihaknya mengikuti dua kategori perlombaan, yaitu mixed choir dan folk song dengan masing-masing mendapat jatah tiga lagu.

Video Viral Paduan Suara di Istiqlal, Begini Penjelasan Wagub DKI

"Folk song (lagu rakyat) yang kami unggulkan. Selama ini publik luar negeri sangat mengapresiasi lagu lndonesia, karena nadanya unik dan nada khas," ujar Adi di Gedung Rektorat ITB, Kota Bandung, Kamis, 14 Juli 2016.

PMS ITB yang beranggotakan 40 mahasiwa ini, selain akan menyuarakan lagu rakyat, juga akan membawakan tarian khas daerah. Adi meyakini cara itu akan menjadi pembeda dengan peserta dari negara lain.

Keren, Paduan Suara Gita Bahana Nusantara Tampil Virtual di HUT RI

Karena itu, dia menuturkan, persiapan terus dilakukan, mulai dari rekrutmen peserta hingga latihan bersama selama satu tahun. Dia optimistis PMS ITB akan melaksanakan kejuaraan dengan maksimal dan menampilkan paduan suara terbaik, dan prioritas mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

"Target kita juara, saya positive thinking akan hal itu. Persiapan selama ini sudah membuat kami siap," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya