TKI Jadi Kurir Narkoba di Hongkong Karena Gaya Hidup

Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf mengatakan, pengaruh gaya hidup mewah mendorong Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hongkong menjadi kurir bandar narkoba.

Kurir Narkoba Asal Malaysia Sembunyikan Sabu dalam Perut Ditangkap di Bandara Ngurah Rai Bali

Menurut Dede, TKI di Hongkong sudah terpengaruh gaya hidup mewah. Akibatnya, untuk mendapatkan uang lebih banyak, mereka ditawarkan menjadi kurir narkoba sebagai tambahan pemasukan.

"Mafia narkoba sudah mapping (memetakan) bahwa TKI ini memiliki kelemahan, yakni masalah uang. Setiap tahun balik ke Indonesia, itu dimanfaatkan untuk mengedarkan narkoba," ujar Dede saat dihubungi, Jumat 12 Agustus 2016.

Demi Upah Rp50 Ribu Sekali Tempel, 3 Wanita Muda Nekat Jadi Kurir Narkoba

Untuk itu, politisi Demokrat ini meminta pemerintah untuk melakukan data base guna memantau para TKI. Selain itu, juga perlu diajarkan kepada mereka mengenai gaya kehidupan di Hongkong agar tidak hidup mewah. Mereka juga perlu didorong untuk membentuk organisasi yang diisi dengan kegiatan-kegiatan positif.

"Pemerintah bisa melakukan pertemuan secara rutin dengan TKI, berikan informasi yang lengkap, seperti bagaimana meminjam uang, sehingga tidak terjebak dunia narkoba," ujarnya.

Selundupkan Sabu 25 Kg, Warga Tanjungbalai Dituntut Hukuman Mati

Sebelumnya, Konsul Kepolisian RI di Hongkong melaporkan banyaknya TKI di Hongkong yang menjadi kurir narkoba. Menurut laporan, TKI ditawarkan janji manis agar bersedia mengikuti pekerjaan kurir narkoba. (Webtorial)

Viral ojek online ringkus kurir narkoba di Ciledug

Viral 'Abang Ojol' Ringkus Kurir Narkoba di Ciledug

 Momen penangkapan kurir narkoba di wilayah Ciledug, Kota Tangerang yang dilakukan oleh seorang pengendara ojek online (ojol) viral di media sosial Kamis, 12 Oktober 2023

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2023