Fakta-fakta Menarik Manusia Tercepat di Dunia dari A-Z

Pelari Jamaika, Usain Bolt
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Bicara olahraga atletik, nama atlet asal Jamaika, Usain Bolt, tentu sudah tak asing lagi. Tinta emas sudah ditorehkan sprinter kelahiran 21 Agustus 1986 ini.

Usain Bolt Akan Sedih Melihat Ronaldo Pergi: Dia Detak Jantung Manchester United

Yang terbaru adalah medali emas di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Medali ini menjadi emas di tiga Olimpiade berturut-turut (Beijing, London dan Rio), dari nomor 100 meter dengan catatan waktu 9,81 detik.

Untuk mengenal lebih dalam tentang Bolt, berikut fakta-fakta menarik dari manusia tercepat di dunia itu, yang akan diurutkan dari A sampai Z, dilansir dari Marca.

5 Fakta Usain Bolt Manusia Tercepat di Dunia

A - Asafa Powell
Powell adalah rekan senegara Bolt, yang memegang rekor dunia di nomor 100 meter pada 2005 sampai 2008, dengan catatan waktu 9,77 detik dan 9,74 detik.

B- Berlin
Di Ibukota Jerman ini, Bolt memecahkan dua rekor dunia sekaligus, nomor 100 meter dengan catatan waktu 9,58 detik, dan 19,19 detik di nomor 200 meter.

Suksesor Usain Bolt Ingin Rehat Hingga Akhir Tahun Usai Sabet 2 Emas

C - Commonwealth
Bolt sempat diragukan tampil di Commonwealth Games 2014 yang diselenggarakan di Glasgow. Namun, akhirnya dia memastikan ambil bagian, dan memenangkan estafet 4x100 meter.

D - Daegu
Dari rentetan prestasi mentereng, Bolt juga pernah melakukan hal yang merugikan dirinya sendiri. Di Daegu, Korea Selatan, dia didiskualifikasi karena melakukan pelanggaran saat start.
E - Ease
Ease, memiliki arti mudah. Ya, karena di pertandingan kemarin di Olimpiade Rio, Bolt terlihat dengan mudah memenangkan lomba. Bahkan dia sempat melakukan selebrasi kecil sebelum menginjak garis finis.

F - Football
Meski menggeluti dunia atletik, Bolt juga menggemari dunia sepakbola. Tim Premier League, Manchester United, menjadi klub idolanya.

G - Gay
Tyson Gay, pelari asal Jamaika ini menjadi rival bagi Bolt. Gay adalah pelari tercepat kedua di nomor 100 meter, yang pernah mencatatkan waktu 9,69 detik.

H - Hungaria
Hungaria menjadi turnamen mayor pertama yang diikuti Bolt pada 2001, yakni di event World Youth Championship.

I - Ibiza
Layaknya kaum jetset, Ibiza jadi tempat favorit Bolt untuk menikmati liburan.

Selanjutnya J...

J - Jennifer
Di balik kesuksesan seorang pria, pasti ada wanita hebat di belakangnya. Kalimat tersebut menggambarkan sosok Jennifer, ibu dari Bolt.

K - Knibb Memorial High School
William Knibb Memorial High School adalah tempat di mana Bolt menimba ilmu akademis. Tak ingin menjadi orang yang lupa diri, Bolt tahun lalu mendonasikan uang sebesar 1,14 juta euro untuk keperluan alat olahraga.

L - Legend
Dengan catatan prestasi yang diraihnya, label seorang legenda sudah layak disandangnya.

M - Mills
Figur yang berjasa besar dalam karier Bolt adalah Glenn Mills. Mills menjadi pelatih Bolt saat muda.

N - Nugget
Ini makanan yang dihindari Bolt saat mengikuti Olimpiade 2008 di Beijing

O - Olimpiade
Pesta olahraga terbesar dunia ini menjadi ajang langganan di mana Bolt meraih medali emas.

P - Puma
Produsen olahraga terkenal asal Jerman ini menjadi mitra yang menyuplai segala keperluan Bolt, selama tujuh tahun terakhir. Nilai kontrak antara keduanya menjadikan Bolt sebagai salah satu atlet dengan bayaran termahal.

Q - Quarrie
Don Quarrie, pelari pertama dari Jamaika. Quarrie seorang idola sekaligus inspirator bagi Bolt

R - Retirement
Bolt berencana menggantungkan sepatu larinya setelah mengikuti World Athletics Championship, yang diselenggarakan di London, tahun depan.

S - Speed
Jika hanya diperbolehkan menggunakan satu kata untuk menggambaran sosok Bolt, Speed menjadi kata yang paling tepat.

Bersambung ke T...


 

T - Trewlany
Ini adalah tempat di mana Bolt dilahirkan.

U - Usain
Beken dengan nama Usain Bolt, tapi sebenarnya nama depan sebelum 'Bolt' bukan hanya Usain, melainkan Usain St Leo Bolt.

V - Victory
Victory atau kemenangan. Ini adalah “tradisi” yang terus dijaga Bolt sepanjang kariernya.

W - Wohlfart Mueller
Wohlfart adalah dokter dari tim Bayern Munich, yang juga menangani Bolt saat dia mengalami cedera

X - It Mean eX
Sebutan ex, eks, atau mantan. Kapan Bolt akan menjadi “mantan” pemegang rekor dunia? Belum bisa ada jawaban hingga saat ini

Y - Yohan Blake
Blake selalu menjadi lawan tangguh bagi Bolt. Keduanya bergabung untuk estafet 4x100 meter di London, dan tim Jamaika menjadi pemecah rekor dunia.

Z- Zurich
Meskipun dia memiliki awal yang paling lambat di antara pesaingnya dalam perlombaan 100 meter di Zurich pada tahun 2008, Bolt akhirnya mampu memenangkan lomba dengan catatan waktu 9,83 detik. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya