Urine Bermanfaat untuk Kecantikan?

Perawatan wajah wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Terapi urine diyakini memiliki manfaat menakjubkan. Dokumen sejarah menunjukkan, bahwa suku Aztec mengobati luka dengan urine. Sementara, manfaat urine lainnya, termasuk kecantikan juga disebutkan dalam literatur India dan China.

Mengenal Skin booster Seberapa Efektif Untuk Bikin Wajah Mulus dan Bercahaya?

Urine dianggap sangat steril, terdiri dari 95 persen air dan lima persen nutrisi, seperti protein, vitamin dan mineral. Dan seorang blogger kecantikan laki-laki asal London mencoba manfaatnya untuk kecantikan.

Dalam video, James Ware terlihat mengusap urine di dalam sebuah gelas ke wajah menggunakan kapas. Dia melakukannya lantaran perawatan kulit menggunakan urine sedang menjadi tren.

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Perawatan Tubuh dan Kecantikan Kian Diminati

"Tren kecantikan gila ini adalah salah satu yang saya harus coba. Ini disebut facial urine, dengan mengolesi urine Anda di wajah sendiri," katanya dalam video, seperti dilansir dari Daily Mail.

Setelah mengolesi seluruh wajah dengan urine, dia membiarkannya selama 15 menit agar kering dan menyerap ke pori-pori kulit. Namun, hasil dari facial ini belum terlihat dalam sekali perawatan dan dia enggan untuk membuktikannya lebih lanjut.

Penumpang KAI Kelas Executive dan Luxury Kini Bisa Jajal Treatment Kecantikan

"Apapun yang terjadi, itu mungkin menjadi urine pertama dan terakhir yang saya oleskan ke wajah," ujarnya menambahkan.

Sementara praktisi kesehatan Dr Rob Hicks mengatakan, bahwa selama bertahun-tahun, banyak orang mengklaim manfaat kesehatan dan kecantikan yang didapat dari mengonsumsi urine mereka.

"Namun sejauh yang saya tahu, tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim ini," katanya.

Dia menuturkan, bahwa ginjal merupakan sistem penyaringan yang sangat efektif menyingkirkan sesuatu yang tidak dibutuhkan tubuh termasuk urine, sehingga untuk mengonsumsi kembali sisa cairan tubuh itu ke tubuh adalah hal yang kontraproduktif.

"Secara pribadi, saya percaya ada yang lebih baik dan lebih cocok. Cara untuk menjaga tubuh tetap sehat, termasuk tidak merokok, makan makanan yang sehat, dan mengontrol stres," ujarnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya