Abimana Aryasatya Beberkan Cerita di Film Terbarunya

Abimana Aryasatya
Sumber :
  • NUVOLA/VIVA

VIVA.co.id – Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 (BTDLA) akan tayang 8 Desember 2016. Film yang diangkat dari novel karya Hanum Rais Salsabiela dan Rangga Almahendra ini, mengambil tema tentang Islam di Amerika.

Abimana Aryasatya Pernah Kabur dari Rumah dan Jualan Burger

Bukan hanya bagaimana Muslim Tiongkok yang dikabarkan sebagai orang pertama yang menemukan Benua Amerika, tapi film ini juga mengangkat bagaimana toleransi antarsesama.

Tentang toleransi tersebut, Abimana sedikit membocorkannya. Menurut pemeran Dono dalam film Warkop DKI Reborn ini, di film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 penonton bisa belajar toleransi, terutama yang tergambar antara hubungan pertemanan Rangga dan Steven.

Penggemar Bumilangit Kini Punya Rumah Resmi

"Rangga itu orang yang tidak terlalu memikirkan duniawi dan taat beribadah. Sementara, Steven adalah orang yang sangat materialistis atau duniawi banget dan tidak memikirkan agama. Dan menariknya, mereka berdua sepakat untuk tidak sepakat, tanpa harus saling bermusuhan," ujar Abimana melalui keterangan tertulis kepada VIVA.co.id, Senin 28 November 2016.

Hal senada juga disampaikan oleh pemeran tokoh Hanum, Acha Septriasa. Menurutnya, pentingnya menonton Bulan Terbelah di Langit Amerika 2, karena dalam film ini juga digambarkan bagaimana toleransi hubungan antara sesama manusia meski memeluk agama berbeda.

Abimana Ungkap Kejutan Seru Serial Serigala Terakhir

"Kita bisa belajar, bagaimana hubungan antara yang mayoritas terhadap minoritas di film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2, dengan sangat menarik. Apalagi, saya merasa saat ini juga menemui momentumnya, kita ada masalah toleransi. Diharapkannya, film ini bisa berkontribusi terhadap kondisi yang kita hadapi saat ini," ujar Acha.

Sutradara Bulan Terbelah di Langit Amerika 2, Rizal Mantovani, juga menyampaikan, kalau film garapannya banyak memberikan pesan positif. "Dalam film ini salah satunya disampaikan kalau kita melihat seseorang jangan dari luarnya saja. Baik itu suku, agama, dan rasnya saja. Kita semua mahluk ciptaan Tuhan dan ini salah satu pesan dalam film ini, yang kalau kita renungkan tentu akan memberikan kesejukan bagi kita sebagai muslim,” ujar Rizal.

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 bercerita saat Hanum (Acha Septriasa) dan Rangga (Abimana Aryasatya), mendapat misi baru yang hanya bisa dipecahkan oleh mereka: menelusuri jejak harta karun misterius para pelaut muslim China yang berlayar ke Amerika jauh sebelum Colombus. Hanum pun meminta Azima Hussein (Rianti Cartwright) karena Azima mempunyai sumber terpercaya untuk menemukan bukti-bukti tersebut.

Tanpa mereka pahami, bahaya tengah mengincar dari pemburu harta karun. Padahal di sisi lain, Azima dan anaknya, Sarah Hussein (Hailey Franco) tengah kalut menerima penolakan dari ibundanya (Ira Wibowo) yang belum bisa menerima ke Islaman putrinya dan tidak menyadari ada rahasia dari fragmen kehidupannya.

Sementara itu, Stefan (Nino Fernandez) yang dihimpit masalah putus cinta dengan Jasmine (Hannah Al Rashid) yang tengah hamil tertekan antara dua pilihan yang pahit yang harus diambil. Perjalanan dari titik terang masing-masing membuat satu demi satu terpecah belah, sehingga akhirnya menemukan makna setiap perjalanan tersebut dalam bingkai keajaiban Tuhan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya