Cara Atur Keuangan Ketika Barang Pokok Sedang Naik

Ilustrasi dana darurat.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Kebutuhan pokok memang sudah menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi. Terkadang harganya pun suka naik dengan tiba-tiba dan itu membuat kebanyakan orang pusing dibuatnya. 

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Kenaikan harga pokok memang disebabkan oleh banyak hal seperti akibat cuaca ekstrem yang membuat banyak panen menjadi gagal. Di samping itu, bisa saja kenaikan tersebut disebabkan oleh mahalnya harga angkut atau sulitnya bercocok tanam akibat harga pupuk mahal atau adanya serangan hama. 

Kenaikan barang pokok memang tidak bisa di hindari karena memang sudah hukumnya seperti itu. Untuk menghadapi situasi seperti ini, tentunya kita harus mempersiapkan diri dengan baik. 

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

Berikut adalah tips untuk Anda mengatasi kenaikan harga pokok dari Cermati.com

1. Kurangi anggaran belanja

Jessica Iskandar Alami Masalah Keuangan, Begini Reaksi Nia Ramadhani

Ketika harga bahan pokok naik maka sudah seharusnya Anda mengurangi anggaran belanja. Hal ini bertujuan agar tidak kerepotan saat bahan pokok sedang melonjak tinggi harganya. Hal seperti ini harus dilakukan contohnya saja seperti mengurangi kebutuhan yang di rasa tidak perlu untuk dibeli. 

Jika bisa melakukan hal tersebut, maka Anda menolong anggaran belanja agar tetap terjaga. Anda juga bisa mengurangi hal-hal yang sering dilakukan seperti jajan di supermarket karena hal tersebut membuat uang habis.

2. Biasakanlah hemat

Dalam mengatasi kebutuhan pokok yang sedang naik, maka Anda harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan. Belajarlah untuk hidup hemat karena hal ini bisa membantu keuangan Anda ketika harga bahan pokok sedang naik drastis. 

Biasakanlah hidup hemat seperti membawa bekal ketika ke kantor, uang yang harus Anda belanjakan untuk makan siang bisa disisihkan untuk membantu membeli kebutuhan pokok. Hal tersebut tentu sangat membantu. 

Sebaiknya Anda juga hemat listrik di rumah, matikan TV ketika tidak di tonton jangan di biarkan begitu saja, Matikan lampu yang sedang menyala dan ganti dengan lampu yang wattnya lebih kecil. Dalam menghemat listrik juga akan membantu anda dalam membeli kebutuhan pokok yang sedang naik.

3. Kunjungi pasar tradisional untuk belanja

Ketika sedang dihadapkan dengan kebutuhan pokok yang sedang naik harganya, maka sebaiknya anda jangan membeli kebutuhan pokok di supermarket karena harganya bisa naik signifikan. 

Cobalah untuk berbelanja di pasar tradisional. Hal tersebut bisa membantu anda dalam menghadapi kebutuhan pokok yang sedang naik harganya. Cobalah dengan membuat daftar belanja, lalu beli lah di pasar tradisional dan cari pedagang yang memberikan harga paling murah. 

Kurangi membeli dalam skala banyak karena hal tersebut bisa saja menjadi mubazir karena bahan tersebut tidak terpakai dan akhirnya malah terbuang.

4. Buatlah kebun sayuran sendiri

Ketika sedang dihadapkan dengan kebutuhan pokok yang harganya sedang naik maka sebaiknya anda membuat cocok tanam sendiri di rumah. Manfaatkan lahan yang ada di rumah Anda. Jika tahu game Harvestmoon, maka tidak jauh berbeda dengan game itu di mana kita harus menanam sendiri sayuran yang ingin kita makan. 

Tanamlah sayuran seperti cabai, jahe dan berbagai jenis sayuran yang memungkinkan untuk di tanam di rumah. Jika tidak punya lahan, jangan putus asa karena Anda bisa menggunakan teknik hidroponik dalam menanam tanaman di rumah.

5. Atur menu Anda

Ketika ingin berhemat saat bahan pokok sedang naik maka sebaiknya Anda merencanakan menu makanan apa yang akan dimakan untuk seminggu ke depan. Hal ini bertujuan untuk membuat daftar belanja apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menu makanan selama sati minggu tersebut. 

Hal ini juga menghindari dalam membeli bahan makanan yang tidak perlu, kan sayang jika bahan tersebut tidak digunakan dengan baik dan akan mubadzir jika di buang. Hal itu juga membuat Anda boros.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya